SOLOPOS.COM - Ilustrasi perladangan di perbukitan Temanggung, Jawa Tengah. (Antara-Anis Efizudin)

Solopos.com, TEMANGGUNG — Bencana tanah longsor terjadi di Kecamatan Kaloran dan Pringsurat, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Rabu (1/1/2020). Beberapa rumah warga rusak.

Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung, Gito Walngadi, mengungkapkan longsor di Pringsurat terjadi di Dusun Gedawung, Desa Karangwuni, Rabu sekitar pukul 21.30 WIB.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Kronologinya hujan deras melanda kawasan tersebut sejak siang hari hingga malam mengakibatkan tebing setinggi 7 m dengan panjang 10 m longsor mengakibatkan rumah Daryanto, 60, rusak tertimpa material longsor. Beruntung saat kejadian Daryanto dan keluarganya berhasil menyelamatkan diri," katanya di Temanggung, Jawa Tengah, Kamis (2/1/2020).

Material longsoran menimpa dinding rumah hingga sepanjang 4 m jebol dan keluarga Daryono mengungsi di rumah saudaranya.

Gito menyebutkan di Desa Kalimanggis, Kecamatan Kaloran, longsor terjadi di Dusun Jagang dan Dusun Kalisat. Di Dusun Jagang talud sepanjang 15 m dengan tinggi 6 m longsor akibat tidak mampu menahan volume air. Material turun ke bawah tepat di sisi jalan provinsi penghubung Temanggung dan Semarang via Sumowono.

Sedikitnya tiga rumah terkena material longsoran, yakni milik Heru Salim, 42, Mukadi, 67, dan Turyanto, 62. Namun, hingga siang hari, material sudah dibersihkan oleh warga meskipun kondisi tebing masih berpotensi untuk longsor kembali.

"Di Dusun Kalisat longsor terjadi pukul 01.00 dini hari, tebing setinggi 18 m dengan lebar 10 m ambrol, tepatnya di belakang Vihara Akalika Dharma dan di samping masjid. Akibat kejadian ini jalan kampung dari Dusun Kalisat ke Dusun Semanding sempat tertutup, tapi kini telah diatasi oleh warga," katanya.

Terkait dengan kejadian tanah longsor tersebut, pihaknya telah melakukan berbagai upaya, antara lain asesmen/pendataan, koordinasi dengan pemerintah desa, dan memberikan bantuan logistik.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya