SOLOPOS.COM - Ilustrasi (blog.agu.org)

Longsor Karanganyar, bencana longsor terjadi di Tawangmangu dan merusak 3 rumah.

Solopos.com, KARANGANYAR — Tiga rumah di Dukuh Rejo RT 001/RW 012, Plumbon, dan Karanglo, Kecamatan Tawangmangu, rusak terkena longsor, Rabu (1/3/2017) petang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Informasi itu diperoleh Solopos.com dari jejaring sukarelawan tanggap bencana Karanganyar, Rabu malam, satu di antara tiga rumah tersebut, yakni milik Supono, warga Plumbon, rata dengan tanah. Tak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

Selain rumah Supono, dapur rumah Tugiman yang berada di bagian atas rumah Supono longsor. Longsor juga terjadi Gamping, Karanglo, menimpa tembok rumah seorang warga. Nama pemilik rumah belum dapat dikonfirmasi.

Terpisah, Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Nugroho, mengonfirmasi kejadian itu. Tetapi, dia belum dapat menginformasikan kondisi terakhir bencana tanah longsor di Plumbon, Tawangmangu.

“Sukarelawan masih bekerja memantau kondisi bencana alam tanah longsor di lokasi kejadian,” kata Nugroho saat dihubungi Solopos.com, Rabu malam.

Selain tanah longsor, BPBD juga siaga banjir yang diakibatkan luapan air Sungai Bengawan Solo. Sejumlah wilayah yang termasuk kategori rawan banjir adalah Jaten dan Kebakkramat. Terutama permukiman di sekitar bantaran Sungai Bengawan Solo.

“Ini kami siaga memantau pergerakan air. Sekarang kan siaga kuning. Kami pantau aliran air dari Sukoharjo. Kami harus menyiapkan warga agar waspada apabila sewaktu-waktu air tinggi. Prediksi kami 1-2 jam air masuk wilayah Karanganyar. Jadi luapannya kalau enggak tengah malam ya dini hari. Tetapi, semoga hujan lekas reda,” ujar dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya