SOLOPOS.COM - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar Aji Pratama Heru Kristanto (JIBI/dok)

Solopos.com, KARANGANYAR–Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Aji Pratama Heru K., mengatakan tim BPBD langsung diterjunkan untuk melakukan evakuasi di wilayah bencana longsor yang terjadi di wilayah Tawangmangu, Rabu (5/3/2014). Tim BPBD bersama warga membersihkan material sisa longsoran.

“Yang penting korban aman dulu,” katanya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Hanya, sejumlah perabotan rumah tangga, alat elektronik dan lain sebagainya rusak lantaran tertimpa material longsoran. “Cuaca di atas [Tawangmangu] masih ekstrem, sehingga kerja bakti dilanjutkan Kamis [besok],” katanya.

Heru meminta warga di daerah rawan bencana tanah longsor untuk meningkatkan kewaspadaannya. Utamanya saat hujan deras selama beberapa jam. Heru menyebutkan untuk wilayah Karanganyar bagian atas atau daerah sekitar Lawu sangat berpotensi akan bencana tanah longsor. Berdasarkan pemetaannya daerah-daerah rawan bencana tanah longsor itu meliputi Kecamatan Jenawi, Kerjo, Ngargoyoso, Tawangmangu, Karangpandan, Matesih dan Jatiyoso.

Heru menuturkan akan terus melakukan pemantauan di daerah-daerah titik rawan longsor. Yakni dengan menerjunkan personil untuk disebar di wilayah-wilayah prioritas tersebut. Mereka bertugas untuk memantau pergerakan tanah. Selain rawan longsor, Heru menambahkan juga mewaspadai bencana banjir. Daerah-daerah yang termasuk dalam daerah rawan banjir antara lain Kecamatan Kebakkramat, Jaten, Gondangrejo, Tasikmadu dan Colomadu.

“Hampir seluruh wilayah Karanganyar rawan bencana dari banjir sampai longsor,” imbuhnya.

Sebelumnya, bencana tanah longsor menerjang wilayah Kecamatan Tawangmangu, Rabu pagi. Akibatnya satu rumah rusak berat diterjang longsor.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Berdasarkan informasi yang dihimpun solopos.com, bencana tanah longsor menimpa rumah milik Kidi, warga RT004/ RW001 Tegalrejo, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya