SOLOPOS.COM - Warga saat menunjukkan kondisi rumah yang rusak akibat diterjang longsor di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Kamis (9/12/2021). (Antara)

Solopos.com, MAJALENGKA — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, mencatat terdapat 15 rumah warga yang rusak akibat diterjang longsor, di tiga kecamatan setelah daerah tersebut diguyur hujan lebat.

“Ada 15 rumah warga yang terdampak longsor,” kata Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Majalengka Indrayanto di Majalengka, Kamis (9/12/2021).

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Ia mengatakan 15 rumah warga yang mengalami rusak tersebut tersebar di 11 desa yang berada tiga kecamatan di Kabupaten Majalengka.

Baca juga: Ini Bahayanya Jika Membuang Obat Kedaluwarsa Secara Sembarangan

Untuk kondisinya sendiri lanjut Indra, ada yang rusak parah, sedang dan ringan, bahkan dari 15 rumah warga yang terdampak longsor itu satu di antaranya rata dengan tanah.

“Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, karena para penghuni rumah berhasil menyelamatkan diri,” tuturnya.

Ia menambahkan longsor yang terjadi di beberapa titik tersebut, dikarenakan intensitas hujan tinggi pada Rabu (8/12) malam hingga Kamis (9/12) dini hari. Sehingga daerah yang berada di lereng gunung mengalami longsor.

Baca juga: Lokasi Bencana Jadi Ajang Selfi, Bupati Lumajang Murka

Bencana longsor tersebut lanjut Indra, selain merusak rumah warga juga memutus akses jalan penghubung antardaerah.

“Tapi kami sudah bisa membuka aksesnya, dengan menggunakan alat berat serta gotong royong warga, sehingga kendaraan sudah bisa melaluinya lagi,” katanya.

Pada hari yang sama BPBD mencatat terdapat 20 bencana alam, berupa longsor, banjir, dan pohon tumbang yang diakibatkan intensitas hujan tinggi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya