;

Long Weekend, Sleman Diserbu Wisatawan, Lebih Ramai dari Lebaran

Sejumlah objek wisata di Kabupaten Sleman kembali diserbu wisatawan saat libur panjang akhir pekan atau long weekend Hari Raya Waisak.
SHARE
Long Weekend, Sleman Diserbu Wisatawan, Lebih Ramai dari Lebaran
SOLOPOS.COM - Ilustrasi objek wisata di Kabupaten Sleman, DIY. (JIBI/Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati)

Solopos.com, SLEMAN — Destinasi wisata di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), kembali ramai dikunjungi wisatawan pada libur panjang akhir pekan atau long weekend kali ini. Bahkan, okupansi sejumlah hotel di Sleman disebut-sebut lebih tinggi daripada saat libur Lebaran beberapa waktu lalu.

Sejumlah ruas jalan utama dan alternatif banyak dipadati kendaraan dari luar kota. Meningkatnya volume kendaraan pada akhir pekan ini terlihat juga perbatasan DIY-Jawa Tengah. Penumpukan kendaraan nampak terlihat di sepanjang jalan Solo hingga Ring Road.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman, Suparmono, mengakui adanya peningkatan jumlah wisatawan di sejumlah destinasi wisata. Namun, dari jumlah total kunjungan wisatawan pada akhir pekan ini masih didata. “Memang benar ada kenaikan kunjungan di Kabupaten Sleman pada Sabtu ini, bila dibandingkan hari-hari sebelumnya,” kata Suparmono kepada Harian Jogja, jaringan Solopos Media Group (SMG), Sabtu (14/5/2022).

Kenaikan kunjungan wisatawan tersebut, lanjut pria yang akrab disapa Pram itu, tidak terlepas dari libur panjang akhir pekan atau long weekend yang bertepatan dengan Hari Raya Waisak pada Senin (16/5/2022). Selain itu, lanjutnya, kepadatan lalu lintas tidak lepas dari pelaksanaan wisuda pelajar sekolah menengan atas (SMA) yang banyak dilaksanakan pada Sabtu ini.

“Selain itu, pelaksanaan UTBK SBMPTN yang mulai dilaksanakan pada 17 Mei – 3 Juni 2022 mendatang juga meningkatkan jumlah orang yang berkunjung ke Sleman,” katanya.

Baca juga: Long Weekend, Puluhan Ribu Pengunjung Diprediksi Serbu Ngargoyoso

Ekspedisi Energi 2022

Pram menyebut sejumlah destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan saat ini masih berkonsep wisata alam terbuka. Seperti destinasi wisata candi, utamanya candi-candi yang dikelola PT TWC (Candi Prambanan dan Ratu Boko) menjadi favorit pengunjung. “Setidaknya yang datang antara 7500 hingga 8000 orang yang berkunjung di kedua candi tersebut. Pengunjung didominasi rombongan keluarga,” paparnya.

Destinasi wisata lain yang ramai dikunjungi adalah destinasi wisata alam seperti Tebing Breksi, kawasan Kaliurang dan Kaliadem. Tercatat destinasi, kata Pram, setidaknya 3.000 orang mengunjungi Tebing Breksi. Kawasan Kaliurang setidaknya dikunjungi 2.000 orang dan tak kurang dari 1.500 orang yang mengunjungi destinasi yang ada di kawasan Kaliadem.

“Destinasi wisata buatan yang ramai dikunjungi pengunjung adalah Studio Alam Gamplong, Jogja Exotarium, Agrowisata Bhumi Merapi, dan Merapi Park,” ujarnya.

Baca juga: Wisata Sleman Banyak Disukai Turis Eropa

Pram juga menyebut sejumlah hotel yang berada di seputaran Jalan Affandi, Jalan Laksda Adisutjipto, dan Ringroad Utara melaporkan kenaikan tingkat okupansi pada Sabtu sebesar lebih dari 30% bila dibandingkan dengan okupansi pada hari-hari sebelumnya.

Artikel ini sudah tayang di Harianjogja.com dengan judul Long Weekend, Sleman Diserbu Wisatawan, Hotel Lebih Ramai daripada Saat Lebaran



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago