SOLOPOS.COM - Objek wisata air terjun Jumog Karanganyar. (dok)

Solopos.com, KARANGANYAR — Kawasan wisata di wilayah Ngargoyoso, Karanganyar, bersiap menghadapi libur panjang akhir pekan pada Sabtu-Senin (14-16/5/2022) mendatang.

Pelaku industri pariwisata di kaki Gunung Lawu ini menargetkan jumlah kunjungan wisatawan meningkat 100 persen dibanding hari libur biasa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pemilik Objek Wisata Tenggir Park Ngargoyoso, Disa Ageng Alivfen, berharap jumlah kunjungan wisatawan yang datang minimal sama saat libur Lebaran kemarin. Saat libur Lebaran lalu, jumlah pengunjung di Tenggir Park meningkat luamay. Pada hari libur biasa umunya yang datag hanya 100 sampai 200 orang sehari, namun saat libur Lebaran menembus 400 orang sehari.

“Kami targetkan minimal sama [jumlah pengunjung] saat libur Lebaran. Ya sehari minimal 200 sampai 400 pengunjung lah,” kata Disa, Jumat (13/5/2022).

Dibolehkannya mudik oleh pemerintah, diakui Disa sangat memengaruhi tingkat kunjungan wisatawan tahu ini ketimbang dua tahun lalu. Di 2020 hinga 2021 merupakan tahun kelam bagi dunia pariwisata karena kunjungan anjlok akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga: Wisatawan Serbu Tawangmangu dan Ngargoyoso, Polisi Ingatkan Ini

“Alhamdulillah tahun ini ramai. Beda dari libur Lebaran dua tahun lalu, sepi pengunjung,” kata dia.

Berbagai pembenahan dan penambahan sejumlah wahana dilakukan pihak pengelola. Diharapkan pembenahan dan penambahan ini mampu menggaet wisatawan berkunjung ke Tenggir Park Ngargoyoso. Di objek wisata Tenggir Park yang masih berada satu kawasan dengan Taman Hutan Raya (Tahura) Karanganyar, pengunjung bisa menikmati beragam spot foto seperti taman bunga, rumah pohon, spot sepeda layang, spot rumah honai, spot ranjang layang, air terjun bidadari, kolam renang hingga permadani atau karpet terbang.

Meski tergolong baru, tempat wisata di Kabupaten Karanganyar ini sudah banyak dikunjungi pengunjung dari maupun dari luar Karanganyar. Selain itu, ada juga kolam renang yang dapat digunakan pengunjung.

Di samping menikmati taman, pengunjung juga dapat menikmati wahana adrenalin yakni spot sepeda layang, karpet terbang hingga ayunan. “Tiket masuknya masih sama Rp10.000 per orang. Kami tidak menaikkan tarif tiket masuk,” katanya.

Baca Juga: Pengembangan Wisata Ngargoyoso Tak Lepas dari Peran SMK Negeri Ini

Kepala Desa (Kades) Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Suyatno, memprediksi objek wisata air terjun Jumog, dan Telaga Madirda akan ramai dikunjungi wisatawan pada akhir pekan ini. Ia memperkirakan jumlah pengunjung yang datang mencapai puluhan ribu orang di dua objek wisata yang dikelola desa tersebut.

“Kita sudah menambah spot-spot selfie. Kemudian memperbaiki sarana dan prasarana yang selama ini kurang memadai,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya