SOLOPOS.COM - Ilustrasi Covid-19 varian Omicron. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Sejumlah penyintas Covid-19 varian Delta mengalami long Covid-19, apakah hal sama juga terjadi pada varian Omicron? Beberapa mengalami kelelahan ekstrim, sesak napas dan nyeri tubuh, sementara yang lain berjuang dengan brain fog atau belum mendapatkan kembali indera penciuman atau rasa.

Lebih mengganggu, sebagian menjadi sakit parah, kemungkinan karena komplikasi dari infeksi mereka. Sebenarnya belum ada definisi long Covid-19 yang dapat diterima secara universal. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, orang dengan apa yang disebut kondisi pasca Covid-19 memiliki gejala biasanya tiga bulan setelah serangan awal Covid yang berlangsung setidaknya selama dua bulan dan tidak dapat dijelaskan dengan diagnosis alternatif.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Meski Omicron memicu gejala yang lebih ringan, kasus Covid-19 yang ringan dapat menyebabkan long Covid-19 dan sebagian besar pasien Covid-19 yang lama memiliki infeksi ringan, meskipun hal ini dapat disebabkan oleh kasus Covid-19 yang lebih ringan daripada kasus yang parah. Gejala yang berkepanjangan juga dapat berkembang setelah Covid-19 tanpa gejala. Saat ini tidak ada data yang menunjukkan varian Omicron meningkatkan kemungkinan gejala bertahan. Ada beberapa bukti bahwa vaksinasi dapat mengurangi kemungkinan berkembangnya gejala persisten dalam kasus infeksi terobosan.

Baca Juga: Kemenkes: Puncak Omicron Diprediksi 3 Pekan Lagi

Mengutip laman Bisnis.com pada Jumat (11/2/2022), data aplikasi seluler dari penelitian terhadap orang dewasa di Inggris menunjukkan bahwa sekitar 11% pasien yang tidak divaksinasi memiliki gejala yang menetap setidaknya selama 28 hari, dibandingkan dengan 5% individu yang divaksinasi. Pengurangan risiko lebih dari setengah ini menjanjikan karena jumlah individu yang divaksinasi telah meningkat menjadi lebih dari empat miliar, menurut Dasbor Epidemiologi Penyakit Coronavirus GlobalData 2019. Vaksin dapat membantu mengurangi biaya perawatan jangka panjang untuk pasien Covid-19.

Memahami mekanisme lama Covid-19 akan terbukti penting untuk membantu merawat pasien ini. Sebuah studi baru-baru ini oleh Institut Kirby New South Wales telah menunjukkan bahwa penyakit ini mungkin disebabkan oleh peradangan berkelanjutan dan aktivasi sistem kekebalan, yang dapat berlangsung setidaknya selama delapan bulan setelah infeksi awal. Para peneliti mendeteksi enam sitokin proinflamasi yang terlibat dalam respon imun bawaan yang meningkat pada pasien Covid-19 yang lama. Pengetahuan ini dapat membantu memberikan jalan untuk mengobati dan mendiagnosis gejala yang berkepanjangan, yang dapat meringankan pasien yang menderita gejala tersebut.

Baca Juga:  IDAI: Gejala Omicron pada Anak Ringan, Tapi Orang Tua Harus Waspada

Menghindari terinfeksi oleh SARS-CoV-2, virus corona yang menyebabkan Covid-19, adalah satu-satunya cara yang pasti, dan vaksinasi adalah alat yang paling efektif untuk mengurangi risiko tertular dan, yang lebih penting, mengurangi kemungkinan sakit parah. Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa menerima dosis kedua vaksin virus corona setidaknya dua minggu sebelum infeksi dikaitkan dengan penurunan 41% dalam kemungkinan long Covid yang dilaporkan sendiri setidaknya 12 minggu kemudian.

Penyebab long Covid-19 biasanya adalah karena penyintas mengalami masalah sebagai akibat dari efek langsung virus pada organ dan jaringan. Kecenderungan Covid-19 menyebabkan perdarahan dan gumpalan yang dapat membatasi atau menyumbat pembuluh darah termasuk di paru-paru, yang dapat menyebabkan emboli paru dan peradangan berlebihan oleh sistem kekebalan tubuh.

Berdasarkan apa yang telah diamati dengan penyakit virus lain dan penelitian sejauh ini, ilmuwan lain berspekulasi bahwa faktor biologis dan genetik yang berbeda mungkin mendorong gejalanya. Sebagian besar gejala long Covid-19 tampaknya tidak mengancam jiwa, tetapi hal-hal seperti sesak napas atau kelelahan dapat melumpuhkan.

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Gejala Omicron dan Flu Biasa

Selain itu, untuk beberapa orang yang selamat dari Covid-19, infeksi tersebut dapat mewakili rusaknya tubuh yang merusak organ vital dan memperburuk penyakit lain, yang efeknya mungkin tidak terlihat selama berbulan-bulan, seperti bom waktu.

Beberapa kondisi yang mungkin muncul kemudian termasuk serangan jantung, stroke, gagal jantung, emboli paru, miokarditis dan penyakit ginjal kronis. Dokter juga mencatat peningkatan kasus diabetes yang terkait dengan Covid-19. Lebih lanjut mengenai long Covid-19, National Institutes of Health di Amerika Serikat dialokasikan US$1,15 miliar dalam pendanaan untuk mendukung penelitian ini. Studi berharap untuk mendapatkan isu-isu seperti penyebab biologis yang mendasari dan bagaimana mereka dapat diobati dan dicegah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya