SOLOPOS.COM - Ilustrasi kompetisi roket air. (Harian Jogja

Solopos.com, SOLO — Unit Pelaksana Teknis Technopark di bawah Balitbangda Kota Solo menyelenggarakan Kompetisi Roket Air Regional (KRAR) Solo tahun 2022 pada Jumat (30/9/2022) dan Sabtu (1/10/2022) di Kawasan UPT Solo Technopark.

Berdasarkan rilis yang diterima Solopos.com, Senin (3/10/2022), kompetisi roket air ini menjadi ajang adu kreativitas di bidang teknologi kedirgantaraan dengan media roket air.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam kompetisi ini, peserta melakukan adu keterampilan dalam mendesain, menghitung, dan meluncurkan roket air berdasarkan zona sasaran yang sudah ditentukan, dengan panjang lintasan yang mengacu pada aturan yang berlaku pada kompetisi tingkat internasional.

Kompetisi ini menjadi langkah awal kebangkitan kreativitas para siswa di Kota Surakarta setelah terkungkung lama dalam masa pandemi dan UPT Solo Technopark selaku pusat science dan teknologi sangat mendukung dan akan terus mendukung terciptanya kreatifitas dan inovasi yang muncul di Kota Solo.

KRAR diselenggarakan sebagai rangkaian seleksi untuk mengikuti kegiatan KRAN (Kompetisi Roket Air Nasional) yang akan diselenggarakan pada 8 Oktober 2022 di Jakarta.

Baca Juga: Guru Besar UNS: Startup Pertanian Butuh Intervensi Pemerintah

KRAR diselenggarakan di berbagai daerah, kemudian pemenangnya diusulkan mewakili daerah sebagai delegasi daerah dalam ajang KRAN.

Penyelenggaraan KRAR di daerah dilaksanakan oleh UPT Solo Technopark bekerja sama dengan Indonesia Science Center (ISC).

KRAR Solo tahun 2022 diikuti oleh siswa/siswi berusia 12 tahun-16 tahun sebanyak 170 peserta yang merupakan perwakilan sekolah meliputi 29 sekolah menengah pertama (SMP), 5 sekolah menengah atas (SMA) dan 3 sekolah menengah kejuruan (SMK) di Solo.

Sebelum perlombaan diadakan workshop untuk para pesertadi Ruang Aula Gedung R n D, Kawasan UPT Solo Technopark pada Jumat (30/9/2022).

Selama workshop tersebut peserta mendapat arahan mengenai ketentuan-ketentuan dalam KRAR 2022 yang bertempat.

Kemudian dilanjutkan dengan pembuatan roket kompetisi sebanyak 1 buah. Roket air terbuat dari bahan botol plastik berkaborasi dengan jumlah sebanyak dua botol yang dirakit menjadi satu bagian badan (body) roket.

Badan roket dilengkapi dengan sirip roket yang terbuat dari bahan infraboard atau sterofoam tebal yang dipotong dan dibentuk seperti sirip roket pesawat ulang alik. Desain sirip roket bentuknya dapat bermacam-macam tergantung dari kreativitas para peserta.

Baca Juga: UDB Solo Tanda Tangani Kerja Sama dengan 15 Dudi

Selanjutnya pada Sabtu (1/10/2022), kompetisi dilakukan di lapangan parkir, Kawasan UPT Solo Technopark. Sebelum kompetisi peluncuran roket air dimulai, para peserta diberikan kesempatan melakukan uji coba peluncuran roket air.

Kompetisi peluncuran roket air dilakukan dua sesi, roket air diluncurkan menuju zona/target sasaran yang jaraknya dari titik luncur sepanjang 60 meter.

Penilaian terbaik diambil berdasarkan titik jatuh roket yang terdekat dengan target, baik dari peluncuran sesi 1 maupun sesi 2. Penilaian dilakukan oleh juri dari UPT Solo Technopark dan BRIN.

Setelah dilakukan penilaian para juri kemudian memutuskan enam peserta terbaik, berikut datanya:

1. Sekar Pinayungan (SMA Negeri 3 Solo) : Terbaik I

2. IBN Seto Al Fahrizi (SMP Negeri 1 Solo): Terbaik II

3. Maulana Ichlasul Amal (SMA Negeri 2 Solo): Terbaik III

4. Johannes Surya Michael Setiawan (SMP Widya Wacaca 1 Solo): Terbaik IV

5. Ravel Ardhi Wijaya (SMP Negeri 7 Solo): Terbaik V

6. Pricilla Naswa Arditi (SMP Negeri 2 Solo): Terbaik VI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya