SOLOPOS.COM - Video Selvi Ananda membacakan buku cerita untuk anak sulungnya Jan Ethes Srinarendra. (Youtube Dinas Pendidikan Kota Solo)

Solopos.com, SOLO — Solopos Media Group mengajak pelajar untuk berpartisipasi dalam lomba menulis Surat untuk Bunda Selvi Gibran. Lomba menulis ini menjadi ruang bagi anak untuk mengekspresikan diri lewat tulisan sekaligus mencurahkan perasaan mereka.

Lomba yang digelar dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2022 ini bisa diikuti anak-anak yang duduk di bangku SD kelas I-VI di Soloraya, Jawa Tengah, DIY, dan sekitarnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lewat surat yang ditujukan kepada Selvi Ananda, istri Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, ini diharapkan anak-anak bisa menuangkan perasaan mereka secara lugas.

Solopos memilih media surat untuk menyalurkan perasaan atau curahan hati anak dilandasi sejumlah penelitian tentang kesehatan mental yang menyebut menuliskan perasaan lewat tulisan atau expressive writing (termasuk surat) bisa menurunkan tingkat depresi dan stres.

Ekspedisi Mudik 2024

Pemimpin Redaksi Solopos Media Group, Rini Yustiningsih, mengatakan anak-anak adalah aset luar biasa bangsa di masa depan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah anak usia 0-14 tahun di Indonesia mencapai 62,5 juta jiwa atau 23,1% dari total penduduk (2020). Sedangkan di Solo, mencapai 104.762 jiwa atau 20,2% dari total jumlah penduduk (2018).

Baca Juga: Dear Siswa SD, Yuk Ikutan Lomba Menulis Surat untuk Bunda Selvi Gibran

“Mengacu data tersebut Indonesia mempunyai aset yang luar biasa 10-20 tahun ke depan untuk menjadikan SDM berkualitas. Dua tahun pandemi menjadi situasi yang menantang untuk generasi penerus bangsa ini. Mereka ikut terdampak baik secara psikis, pendidikan, ekonomi, dan lainnya. Situasi sulit ditambah beban keluarga yang juga ikut terdampak, menjadikan mereka kesulitan untuk mengekspresikan diri,” kata kata Rini kepada Solopos.com, Jumat (1/7/2022).

Dia menambahkan suara anak-anak tersebut juga butuh didengar, impian mereka juga butuh diperhatikan. Untuk itu, Solopos memberi ruang ekspresi bagi anak-anak tersebut.

Sementara itu, Bunda Selvi Ananda, sebagai sosok ibu dua anak, tentu memiliki pengalaman dalam hal mengelola mental anak menghadapi berbagai perubahan karena pandemi.

Membesarkan anak pada masa pandemi, bukan saja sulit, namun juga penuh tantangan. Berpijak dari hal tersebut, tepat kiranya menghadirkan Bunda Selvi sebagai “penampung” curahan hati anak-anak.

“Ada kasus anak terdampak secara mental gara-gara pandemi. Ini yang saya harapkan bisa muncul dan disampaikan anak-anak peserta lomba [Surat untuk Bunda Selvi Gibran],” kata Selvi saat ditemui di Solo, Rabu (29/6/2022).

Baca Juga: Kasus Stunting di Solo Turun Drastis, Ini Sebabnya Menurut Selvi Ananda

Lomba ini dibagi dalam tiga kategori, yaitu pelajar kelas 1-3 SD, kelas 4-6 SD, dan kategori surat terfavorit brdasarkan like dan comment di media sosial Instagram. Sementara itu, periode lomba meliputi:

– Pengiriman surat dilakukan pada rentang 1-20 Juli 2022.
– Pemenang akan diumumkan pada 21 Juli 2022 di media sosial Koran Solopos dan Koran Solopos Edisi Kamis, 21 Juli 2022.

Persyaratan lengkap Lomba Menulis Surat untuk Bunda Selvi bisa dibaca di sini.

Untuk keterangan lebih lanjut bisa menghubungi admin Solopos Media Group di nomor WhatsApp 0821-3523-1065. Yuk bebaskan ekspresimu lewat Surat untuk Bunda Selvi Gibran!

Lomba Menulis Surat untuk Bunda Selvi Ananda.
Lomba Menulis Surat untuk Bunda Selvi Ananda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya