SOLOPOS.COM - Timnas Maroko lolos ke Piala Dunia 2018 (Twiter)

Piala Dunia 2018 bakal diikuti oleh Maroko.

Solopos.com, ABIJAN — Legenda sepak bola Belanda, Marco van Basten, mungkin kini menyesali ucapannya pada Hakim Ziyech, pemain Timnas Maroko, tahun lalu. Saat itu, Van Basten yang masih menjadi Asisten Pelatih Timnas Belanda menyindir Ziyech yang lebih memilih memperkuat Maroko ketimbang De Oranje.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Betapa bodohnya kamu memilih Maroko jika kamu punya kesempatan untuk Timnas Belanda,” ujar Van Basten pada pemain yang lahir di Dronten, Belanda, 24 tahun silam.

Pilihan Ziyech ternyata tepat. Setahun berselang, gelandang Ajax Amsterdam itu berhasil mengantar Maroko ke Piala Dunia pertama mereka sejak tahun 1998. Bayangkan jika dia memilih Timnas Belanda. Bisa jadi Ziyech gagal tampil perdana di Piala Dunia karena De Oranje justru tersingkir di kualifikasi.

Kemenangan 2-0 atas Pantai Gading dalam laga kualifikasi PD di Stade Felix Houphouet-Boigny, Minggu (12/11/2017) dini hari WIB, mengunci Maroko sebagai juara grup C dengan 12 poin dari enam laga. Mereka menyisihkan Pantai Gading yang harus puas menjadi runner up dengan delapan poin.

Kelolosan Maroko ditentukan lewat gol Nabil Dirar dan Medhi Benatia di babak pertama. Ziyech sendiri menyumbang satu assist untuk gol Dirar. Sepanjang kualifikasi, Ziyech juga mengoleksi dua gol bagi Singa Atlas, julukan Maroko.

Dengan polesan Pelatih asal Prancis, Herve Renard, Maroko berpotensi menjadi kejutan di Rusia. Singa Atlas belum terkalahkan di kualifikasi dengan mengantongi tiga kemenangan dari enam laga.

Renard juga memiliki pemain potensial yang bermain di liga-liga Eropa macam Medhi Benatia (Juventus), Nabil Dirar (Fenerbahce), Achraf Hakimi (Real Madrid), Younes Belhanda (Galatasaray), Hakim Ziyech (Ajax) hingga Sofiane Boufal (Southampton).

Selain Maroko, Tunisia memastikan diri lolos ke Rusia meski hanya bermain imbang melawan Libya 0-0 di Stadion Olympique de Rades. Tunisia unggul tipis satu poin dari Republik Demokratik Kongo di posisi kedua. Ini menjadi penampilan perdana Elang dari Cartagena, julukan Tunisia, di Piala Dunia sejak 2006.

Keberhasilan Tunisia dan Maroko memastikan Afrika sudah memenuhi lima slot yang diberikan FIFA untuk tampil di Piala Dunia 2018. Sebelumnya Nigeria, Mesir, dan Senegal yang sudah lebih dulu melenggang ke putaran final.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya