SOLOPOS.COM - Pemain Timnas Laos U-19 melakukan selebrasi seusai mengalahkan Timnas Thailand U-19 dalam laga semifinal Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (13/7/2022). Laos menang 2-0 dan melaju ke final. (Antara/Fakhri Hermansyah)

Solopos.com, BEKASI – Laos mengejutkan Thailand dengan lolos ke final Piala AFF U-19 2022 menyusul kemenangan 2-0 mereka di semifinal di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (13/7/2022) malam WIB.

Laos tidak pernah mencapai final turnamen sejak dimulai pada Piala AFF U-19 2002 dengan hasil terbaik mereka pada tahun 2002, 2005 dan 2015 ketika mereka hanya keluar sebagai juara ketiga.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

“Ini sangat indah. Sejak saya di sini [Timna Laos U-19] selama enam bulan, kami mencoba melakukan sesuatu. Yang terbaik [hasil] memang belum datang. Kami tidak memainkan sepak bola yang sangat bagus di sebagian besar pertandingan, tetapi kami solid, dengan struktur yang bagus. Dengan sepak bola seperti ini, kami bisa memenangkan pertandingan,” kata pelatih kepala Laos, Michael Weiss, seusai pertandingan dikutip dari laman resmi Aseanfootball.

Laos secara mengejutkan menumbangkan Thailand dengan skor 2-0. Dua gol kemenangan Laos ke gawang Thailand dicetak oleh Peeter Phantavong pada menit ke-8 dan gol Damoth Thongkhamsavath pada menit ke-85. Pertandingan Laos Vs Thailand berlangsung sengit.

Baca Juga: Jadwal Tanding Persis Solo pada Pekan Pertama Liga 1 2022/2023 Berubah

Laos di luar dugaan mampu mengimbangi permainan Thailand lewat permainan kolektif dan menekan mereka. Hingga menit ke-43 Laos masih unggul 1-0. Thailand yang mengenakan seragam putih-putih tampil terus menekan sepanjang pertandingan. Namun demikian, Laos U-19 yang berseragam merah-merah dan dipoles pelatih, Hans Michael Weiss, mampu menunjukkan pertahanan kukuh.

Baca Juga: Ini Daftar Pencetak Gol Terbanyak Piala AFF U-19 2022, Siapa Terdepan?

Berkali-kali serangan dilancarkan para pemain Thailand, berkali-kali pula berhasil digagalkan barisan belakang Laos. Pada menit ke-85 Laos justru menambah keunggulan menjadi 2-0 lewat Damoth Thongkhamsavath. Skor 2-0 untuk Laos bertahan hingga pertandingan semifinal Piala AFF U-19 2022 tersebut berakhir.

Di fina Laos akan menghadapi Malaysia pada 15 Juli 2022 pukul 20.00 WIB di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya