Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Lokasi Tawangmangu Baru, Surganya Wisata Kuliner Internasional

Tawangmangu Baru dipersiapkan sebagai destinasi wisata kuliner bertaraf internasional.
SHARE
Lokasi Tawangmangu Baru, Surganya Wisata Kuliner Internasional
SOLOPOS.COM - Kondisi arus lalu lintas di jalur wisata Tawangmangu hingga H+1 Lebaran, Selasa (3/5/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Jalan tembus Tawangmangu-Sarangan di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur di wilayah Kabupaten Karanganyar dipersiapkan menjadi destinasi wisata kuliner internasional.

Seperti diketahui, selain destinasi wisata alam air terjun Grojogan Sewu, Tawangmangu kini memiliki destinasi baru, yakni wisata kuliner. Kini lokasi tersebut kian sering disebut Tawangmangu Baru.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Lokasinya yang dimaksud membentang dari kawasan pertigaan HI/ pertigaan Cicoa hingga Camara Kandang. Di sisi kanan-kiri jalan tersebut kini sudah berdiri tempat makan yang mayoritas bertingkat dengan atap yang juga bisa dimanfaatkan sebagai untuk tempat makan (rooftop).

Menu yang disajikan juga sangat beragam, mulai dari masakan tradisional Indonesia hingga masakan Barat.

Kepala Bidang (Kabid) Destinasi Wisata pada Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar, Teguh Haryono mengatakan wisatawan yang datang ke Candi Borobudur juga diarahkan untuk berkunjung ke daerah penyangga di sekitarnya, sehingga Karanganyar juga harus siap.

Baca juga : Jalan Tembus Tawangmangu-Sarangan Disulap Jadi Tempat Wisata Kuliner

“Ini sedang kami persiapkan Tawangmangu sebagai wisata kuliner berstandar internasional dalam menyongsong pariwisata dunia. Kami juga sedang berbicara dengan investor yang bisa membuat destinasi di Tawangmangu untuk kalangan orang asing,” ujarnya baru-baru ini.

Persiapan Tawangmangu sebagai destinasi kuliner internasional ini cukup beralasan karena pemerintah saat ini tengah menyelesaikan jalan tol Jogja-Solo. Diharapkan, akses dari Borobudur ke wilayah Karanganyar akan lebih mudah.

“Kalau jalan tol Jogja-Solo sudah siap, wisatawan yang sudah ke Borobudur nanti juga diarahkan ke Candi Cetho dan Candi Sukuh di Karanganyar. Lalu mereka makan di Tawangmangu. Tentu teman-teman nanti bisa mempersiapkan diri. Artinya kalau wisatawan asing butuh makanan seperti di negara asal mereka, di Tawangmangu juga ada,” imbuhnya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode