SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SRAGEN — Warga dari berbagai wilayah berdatangan menyaksikan lokasi munculnya api dari dalam tanah di wilayah Dukuh Banyurip RT 022, Desa Bonagung, Tanon, Sragen, Senin (19/8/2019).

Antusiasme masyarakat itu dimanfaatkan Karang Taruna Putra Mayung Banyurip, Kalikobok, Tanon, untuk menghimpun donasi. Sejumlah warga juga berjualan minuman dan makanan di pintu masuk menuju ke lokasi sumber api yang berjarak 100 meter dari permukiman penduduk. 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Para pengunjung bermotor dan bermobil berdatangan ke lokasi karena penasaran dengan api dadakan yang muncul sejak Minggu (18/8/2019) malam.

Mereka berasal dari berbagai daerah di Sragen, seperti dari Sumberlawang, Sukodono, Tanon, Gesi, Sragen, dan daerah lainnya. Para pemuda memasang kardus bertuliskan parkir Rp2.000.

Anggota Karang Taruna Putra Mayung Kalikobok, Asep Nurdiansyah, 30, menyampaikan anggota karang taruna bekerja bakti semalam sampai Senin dini hari pukul 03.00 WIB untuk membuat jalan berundak menuju ke lokasi sumber api di lembah sedalam 5 meter.

“Alhamdulillah semalam bisa terkumpul donasi seikhlasnya dari pengunjung sebanyak Rp118.000. Kami berharap lokasi api yang di dalamnya terdapat sumber gas alam itu bisa dieksplorasi dan dibuat industri sehingga bisa menyerap tenaga kerja. Pada 20 tahun lalu pernah ada penelitian di Banyurip ini dan ditemukan sumber gas yang tak bisa habis selama 50 tahun,” ujarnya saat berbincang dengan , Senin siang.

Asep mendapatkan informasi tentang adanya penelitian sumber gas itu dari para sesepuh Kalikobok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya