SOLOPOS.COM - Majid Tiban Wonokerso di Wonogiri. (Rudi Hartono/JIBI/Solopos)

Solopos.com, Wonogiri — Masjid Tiban Wonokerso di Wonogiri berlokasi di tengah-tengah Desa Sendangrejo, Kecamatan Baturetno. Status Masjid Tiban Wonokerso saat ini merupakan salah satu cagar budaya yang dilindungi langsung Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah.

Penamaan masjid tiban menunjukkan bangunan itu tak diketahui kapan awal mula pendiriannya. Kata tiban yang berasal dari bahasa Jawa. Tiban biasa dipakai untuk menyebut tempat atau benda yang tiba-tiba ada/berdiri.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Juru Rawat Masjid Tiban Wonokerso, Desa Sendangrejo, Kecamatan Baturetno, Warto, mengisahkan para Wali Songo mencari kayu ke arah selatan saat ingin membikin Masjid Demak. Dari perjalanan itu, Wali Songo menemukan kayu di hutan di sekitar Desa Sendangrejo. Kelak, daerah di Wonogiri itu menjadi lokasi berdirinya Masjid Tiban Wonokerso.

“Setelah memotong beberapa pohon jati, Wali Songo beranggapan kayu itu belum cocok dijadikan struktur bangunan Masjid Demak,” kisah Warto, kepada Solopos.com, Selasa (19/4/2022).

Dilansir dari laman anugerahkubah.com, Sabtu (10/9/2022), Masjid Tiban Wonokerso yang berlokasi di Kabupaten Wonogiri diperkirakan dibangun pada masa Wali Songo dan menjadi model awal dalam pembangunan Masjid Agung Demak.

Baca Juga: 3 ODCB di Wonogiri Ini Berada di Atas Tanah Pemkab

Masjid tiban diprediksi dibangun sekitar tahun 1479 Masehi. Jika dihitung sampai sekarang, sudah berumur lebih dari 510 tahun lamanya. Artinya, usianya jauh lebih tua dari negara Indonesia.

Arsitektur bangunan Masjid Tiban yang berlokasi di Wonokerso Wonogiri ini hampir seluruhnya masih asli. Dibangun bak rumah panggung dengan anjang–anjang, mirip Masjid Agung Demak namun lebih seperti miniaturnya dengan ukuran 7,5 meter x 7,5 meter.

Guna menyambungkan bagian satu dengan lainnya memakai pasak kayu jati, bukan paku besi yang biasa di gunakan membangun masjid modern di zaman sekarang.

Baca Juga: Duh! Sejumlah Objek Diduga Cagar Budaya di Wonogiri Kondisinya Kian Tak Terawat

Di lokasi Masjid Tiban Wonokerso Wonogiri terdapat mimbar yang berumur lebih dari 510 tahun dengan ukiran-ukiran khas zaman dahulu. Diyakini masyarakat sekitar bahwa ukiran tersebut dibuat para Wali Songo dengan berbagai macam model.

Kemudian, di bagian atas atau puncak bangunan ada sebuah kubah yang unik, ialah kubah yang mirip dengan sebuah mahkota terbuat dari tanah liat. Walaupun dari tanah liat, nyatanya hingga berumur lebih dari 510 tahun mahkota tersebut belum kelihatan tanda-tanda akan kerusakan. Hal itu menjadi keunikan sendiri dalam melihat Masjid Tiban yang berlokasi di Wonokerso Wonogiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya