SOLOPOS.COM - Salah satu ruangan yang pernah digunakan Bung Karno di Loji Gandrung, Solo, Rabu (7/12/2022). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Rumah Dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung terbuka untuk umum, termasuk kegiatan foto prewedding gratis. Salah satu daya tariknya adalah ruang atau kamar yang pernah digunakan Bung Karno.

Pantauan Solopos.com, Sabtu (10/12/2022) banyak personel TNI yang melakukan penjagaan di Loji Gandrung, Solo. Rumah dinas Wali Kota Solo itu bakal menjadi lokasi pertama digunakan untuk ngunduh mantu Presiden Jokowi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Temanten pria yang merupakan Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono serta keluarga temanten bakal mengikuti kirab dari Loji Gandrung sampai Pura Mangkunegaran. Kedua pengantin bakal mengenakan busana busana dodotan dengan konsep Solo Basahan selama kirab.

Koordinator Rumah Tangga Loji Gandrung, Santa Maria, menyatakan Loji Gandrung terbuka bagi masyarakat umum untuk kegiatan foto  prewedding. Warga bisa mengakses rumah dinas secara gratis.

Baca Juga: Ini Makna Suvenir Midodareni Kaesang-Erina

“Caranya dengan mengajukan permohonan kepada Wali Kota Solo ke Bagian Umum Sekda Solo. Enggak ada biaya,” kata dia.

Dia mengatakan nantinya Pemkot Solo mengatur jadwal luang atau menentukan waktu ketika Loji Gandrung tidak digunakan untuk Pemkot Solo atau instansi atau kelompok lain. Biasanya Pemkot Solo maupun kelompok tertentu menggunakan Loji Gandrung untuk kegiatan.

“Boleh sampai masuk, area belakang boleh,” ujar dia.

Menurut Maria, rumah dinas Wali Kota Solo yang menjadi bangunan cagar budaya merupakan bangunan utama. Bangunan itu terdiri atas kamar yang pernah digunakan Bung Karno untuk singgah.

Baca Juga: Karangan Bunga Ucapan Pernikahan Kaesang-Erina Mulai Penuhi Mangkunegaran

Para tamu Wali Kota Solo biasanya melihat-lihat sejumlah ruangan. Ruangan yang pernah digunakan Bung Karno menjadi daya tarik para tamu. Ada beberapa barang di dalam kamar eks Bung Karno, antara lain tempat tidur, meja rias, dan lemari.

Barang yang masih sama dengan waktu digunakan Bung Karno merupakan wastafel. Barang-barangnya lain sudah diganti karena kondisinya. Maria mengatakan ruang Bung Karno bisa diakses untuk umum.

Selanjutnya ada kamar Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Gibran tidak tidur di Loji Gandrung namun bapaknya, Presiden Jokowi ketika menjabat sebagai Wali Kota Solo menempati Loji Gandrung dan tidur di ruangan tersebut.

“Kami menjaga privasi beliau jadi tidak bisa diakses [kamar/ruang] yang digunakan Wali Kota Solo,” ujarnya. Selanjutnya di bangunan utama Loji Gandrung ada ruang makan dan ruang rapat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya