SOLOPOS.COM - Rumah dinas Wali Kota Solo di Kompleks Loji Gandrung Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Rumah Dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung, memiliki sederet kisah misteri. Bangunan ini merupakan salah satu gedung kuno yang kabarnya memiliki hantu penunggu.

Sejumlah orang mengaku pernah melihat penampakan orang Belanda di sana. Namun, Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, mengaku tidak takut dengan penampakan tersebut. Dia bahkan tidak pernah diganggu oleh makhluk halus selama tinggal di sana.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Tidak perlu takut, yang penting tidak mengganggu. Saya tidak pernah diganggu kok," terangnya seperti dilansir Detik.com, Minggu (3/1/2021).

Awas! Solo, Sukoharjo, Sragen, Karanganyar & Wonogiri Zona Merah Covid-19

Sebelum menempati Loji Gandrung, Rudy melakukan ritual keagamaan Katolik untuk membersihkan seluruh bagian rumah.

"Ada misa pemberkatan ruangan, dapur, kamar mandi. Kita mohonkan doa lewat uskup. Ini kan banyak yang sudah saya benahi. Dulu memang terlihat kotor, atap rusak, kita perbaiki jadi terlihat bersih," sambung dia.

Ruddy mengatakan kamar Bung Karno di Loji Gandrung menjadi yang paling berkesan bagi dirinya. Sebab, tidak semua orang boleh masuk ke sana.

"Bukan dikeramatkan, tapi memang tidak ada yang berani tidur di sana. Kalau saya berani, tetapi tidur di lantai. Kalau saya butuh meditasi atau berdoa ya di situ, suasananya tenang, sunyi," kata Rudy.

Makam Nyah Rewel hingga Kereta Gaib, Ini Kisah Misteri di Kampus UNS Solo

Menurut cerita yang beredar, ada beberapa orang yang menemukan kejanggalan saat berfoto di kamar Bung Karno yaang berada di Loji Gandrung Solo. Seperti fotonya kabur atau ada penampakan sosok lain.

"Kalau orang cerita seperti itu. Tapi kalau saya nggak pernah kok. Malah orang-orang yang saya foto di situ banyak yang sukses," sambung Rudy.

Kisah Misteri

Sementara itu, petugas pengamanan Loji Gandrung Solo, Sarto, mengakui adanya makhluk halus di sana. Salah satunya adalah sosok pria Belanda yang berbadan besar.

"Ada sosok tinggi besar, seperti orang Belanda. Walaupun beberapa kali lihat tetap saja kaget kan," tutur dia.

1 Pelaku Teror Bangkai Babi di Klaten Ditangkap

Sedangkan petugas lain, Wagino, mengaku belum pernah melihat penampakan hantu secara langsung di Loji Gandrung Solo. Hanya saja dia terkadang mengalami mimpi aneh.

"Biasanya kalau tiduran tidak pada tempatnya mimpi aneh. Pernah dikejar anak-anak kecil. Beberapa kali mimpi yang sama. Teman-teman juga ceritanya begitu," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya