SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Lembaga Kerja Sama Tripartit yang merupakan forum komunikasi antara pemerintah, pengusaha, dan pekerja diminta terus merawat hubungan simbiosis mutualisme industrial guna meningkatkan investasi di Provinsi Jawa Tengah.

“Situasi kondusif di suatu wilayah merupakan syarat utama masuknya para investor, kondisi tersebut harus didukung pula dengan hubungan industrialisasi yang berjalan saling menguntungkan sehingga menarik minat investor untuk berinvestasi di Jateng,” kata Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono saat memberi sambutan pada Forum LKS Tripartit Provinsi Dengan Kabupaten/Kota se-Jateng di Hotel Plaza Semarang di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (27/8/2019).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Sekda Sri Puryono, kunci keberhasilan dalam menghadapi persoalan dan tantangan di bidang industri, salah satunya ditentukan oleh peran pemerintah, pengusaha, dan pekerja dalam membangun hubungan industrial yang harmonis, dinamis, serta berkeadilan. Sekda menyebutkan berbagai isu harus menjadi perhatian semua pihak diantaranya, kajian peraturan perundang-undangan di bidang hubungan industrial, dan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

Penguatan kelembagaan LKS Tripartit juga untuk mendorong peningkatan peran dan fungsinya di Provinsi Jateng dan kabupaten/kota, serta prioritas kebijakan ketenagakerjaan, khususnya revitalisasi pelatihan dan penyiapan tenaga kerja di yang sesuai dengan kebutuhan industri. Selain itu, perlu mendorong kajian produktivitas sektoral yang aktual dan komprehensif agar LKS Tripartit menjadi pelopor dalam isu-isu pengentasan kemiskinan serta pengurangan pengangguran melalui saran dan pertimbangan di bidang pengembangan ketenagakerjaan.

“Harapan saya, berbagai isu dan permasalahan tersebut dapat terus kita cermati untuk selanjutnya kita cari solusinya bersama. Saya yakin, berlandaskan rasa kekeluargaan serta keinginan kuat dari seluruh ‘stakeholder’ untuk memajukan serta menjaga hubungan industrialisasi ini berjalan semakin baik dan menguntungkan,” ujarnya.

Sekda menegaskan, Pemprov Jateng juga membuka ruang-ruang komunikasi dan akan selalu menerima masukan dari berbagai pihak guna mewujudkan hubungan industrial yang semakin baik. “Karenanya, LKS Tripartit diminta untuk tidak segan bertemu dan menyampaikan segala keluh kesah kepada pimpinan daerah, termasuk jika ada permasalahan ketenagakerjaan, pihaknya meminta segera dilaporkan agar bisa secepatnya ditindak lanjuti dan hubungan industrial tetap kondusif,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya