SOLOPOS.COM - Logo PDIP dan Partai Gerindra. (Solopos.com-Dok.)

Solopos.com, JAKARTA — Lembaga Kajian Pemilu Indonesia merilis hasil survei terbaru menyoal pandangan masyarakat terhadap pemerintah dan sejumlah partai politik atau parpol. Survei LKPI, Sabtu (2/1/2020), menyebutkan kepercayaan masyarakat ke PDIP dan Partai Gerindra tergerus.

Meskipun hasil survei LKIP mencatat adanya penurunan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, namun partai berlambang moncong putih tersebut akan menang apabila pemilihan umum digelar hari ini. Kondisi serupa terjadi terhadap Partai Gerakan Indonesia Raya pimpinan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Direktur LKPI Arifin Nurcahyo lantas menyebut bahwa merosotnya kepercayaan terhadap PDIP dan Partai Gerindra itu terjadi seiring Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap eks Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo serta eks Menteri Sosial Juliari Batubara.

Perhatikan Warna Cat Kamar Bayi, Fengsui Bilang Bisa Tenangkan Mood

Edhy yang terjerat korupsi izin ekspor benih lobster merupakan kader Partai Gerindra. Sementara itu, Juliari yang merupakan kader PDIP diduga terlibat korupsi dana bantuan sosial (bansos).

"Dari kasus OTT KPK terhadap kader di tingkatan menteri di kabinet Jokowi-Ma'ruf ada dampak signifikan terhadap tingkat pilihan masyarakat untuk PDIP dan Gerindra. Persepsi masyarakat terhadap tingkat kekorupan pemerintahan Jokowi-Ma'ruf juga negatif," tutur Arifin dalam keterangan tertulis yang diterima Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI).

Unggul Tipis Golkar

Sebagai catatan, total responden yang masih mendukung PDIP berada di kisaran 17,8%, atau hanya unggul tipis dari Partai Golkar yang naik ke urutan kedua dengan 15,2%.

Adapun Partai Gerindra hanya diasumsikan menang oleh 6,6% responden. Selain PDIP dan Partai Golkar, parpol ini juga tertinggal dari Partai Demokrat (10,8%), PKB (8,8%), Partai Nasdem (8,1%), dan PKS (6,9%).

Jadi Beban Keluarga, Pria Sumut Dicoret dari Keluarga, Begini Kisahnya...

Gerindra hanya mengungguli PSI (4,2%), PAN (3,1%), PPP (2,9%), dan Partai Hanura (1,6%). "Jika Pemilu digelar hari ini Golkar, Demokrat, PKB, Nasdem, PKS dan PSI menjadi tempat pelarian pilihan masyarakat yang sebelumnya memilih PDIP dan Gerindra," imbuh Arifin.

Survei dilakukan LKPI terjadap 1.225 responden yang tersebar proporsional di 34 provinsi dengan metode mix-mode. Pengambilan sampel dilakukan lewat sambungan telepon untuk meminimalisir risiko penularan Covid-19.

"Margin of error survei sebesar kurang lebih 2,8% dan tingkat kepercayaan survei mencapai 95%," tukas Arifin.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya