SOLOPOS.COM - Jepang Vs Kroasia di Stadion Al Janoub, Qatar, pada Senin (5/12/2022) malam ini.

Solopos.com, AL WAKARAH – Jepang Vs Kroasia di gelar di Stadion Al Janoub, Kota Al Wakrah, Qatar, Senin (5/12/2022) malam ini mulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan bisa dinikmati melalui siaran langsung televisi dan lewat tayangan live streaming.

Pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Jepang Vs Kroasia dipimpin oleh wasit Ismail Elfath asal Maroko, didampingi asisten wasit 1 Corey Parker (Amerika Serikat) dan asisten wasit 2 Kyle Atkins (Amerika Serikat).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ini adalah pertermuan kali ketiga Jepang dengan Kroasia di putaran final Piala Dunia. Dua pertemuan sebelumnya berjalan sangat ketat dan skornya pun selisih tipis.

Jepang menjadi kejutan terbesar di Piala Dunia 2022 Qatar setelah mereka melibas para unggulan seperti Jerman dan Spanyol pada penyisihan Grup E. Penampilan cemerlang Jepang tersebut membawa mereka melangkah ke babak 16 besar sebagai juara grup.

Ekspedisi Mudik 2024

Apabila berhasil mengalahkan Kroasia malam ini, Jepang akan mencetak sejarah untuk kali pertama lolos ke perempat final Piala Dunia.

Sementara itu, apabila Kroasia yang menang itu akan membuka kans mereka mengulang prestasi pada Piala Dunia 2018 saat lolos ke final. Luka Modric dkk. melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 ini dari jalur runner up Grup F.

Baca Juga: Piala Dunia 2022: Jumpa Brasil, Kapten Korea Selatan Ingin Ulangi Keajaiban

Jepang akan kehilangan salah satu pilar mereka di lini belakang yaitu bek Kou Itakura yang harus absen karena akumulasi kartu kuning.

Pelatih Jepang, Hajime Moriyasu, menyatakan telah menyiapkan timnya untuk skenario terakhir yaitu adu tendangan penalti.

“Kami telah melewati fase grup, tetapi kami tetap tenang dan tidak terlalu gembira berlebihan. Para pemain telah menjalani tiga pertandingan di Piala Dunia ini, jadi mereka akan siap. Jika pertandingan berakhir imbang, kami akan memainkan perpanjangan waktu, dan kemungkinan adu penalti. Kami akan mempersiapkan diri dengan baik demi meningkatkan peluang kami untuk menang, meskipun hanya satu atau dua persen,” ujar Moriyasu dalam laman resmi FIFA.

Baca Juga: Pemenang Penghargaan Pemain Terbaik Afrika, Ini Daftarnya

Sementara itu, Kroasia lebih komplet karena tak ada pemain mereka yang cedera maupun terkena akumulasi kartu menjelang babak 16 besar Piala Dunia 2022 melawan Jepang.

Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic, menegaskan melawan Jepang akan menjadi pertandingan sulit.

“Saat Spanyol mencetak gol pembuka, saya pikir Jepang sudah habis, tetapi mereka tidak pernah menyerah dan pantas menang. Fakta bahwa Jerman, Belgia, dan Denmark semuanya telah tersingkir menggambarkan betapa kuatnya tim lain pada Piala Dunia ini. Pada masa lalu, saya mungkin memilih Jepang sebagai lawan yang ingin kami hadapi, tetapi mereka telah mengalahkan Jerman dan Spanyol. Ini tentu tidak akan menjadi pertandingan yang mudah bagi kami,” ucap Dalic.

Head to head Jepang Vs Kroasia:

Piala Dunia 1998, 20 Juni 1998: Jepang (0-1) Kroasia
Piala Dunia 2006, 18 Juni 2006: Jepang (0-0) Kroasia

Seperti apa prediksi susunan pemain Jepang Vs Kroasia?

Jepang tentu akan bermain seperti biasanya, pantang menyerah dan berusaha terus menekan lawan sepanjang pertandingan. Sedangkan, Kroasia kemungkinan besar berusaha memenangi duel area tengah permainan sehingga Luka Modric mampu menjadi pengatur serangan tim.

Kroasia sejatinya punya titik lemah di barisan belakang yang bisa dieksploitasi para pemain Jepang untuk menciptakan peluang mencetak gol. Bek Kroasia, Dejan Lovren, dalam beberapa kesempatan baik saat masih di Liverpool maupun di timnas sering keteteran apabila harus adu sprint dengan pemain depan lawan.

Jepang (3-4-3)
Shuichi Gonda; Takehiro Tomiyasu, Maya Yoshida, Shogo Taniguchi; Yuto Nagatomo, Junya Ito, Wataru Endo, Hidemasa Morita; Takefusa Kubo, Daichi Kamada, Takuma Asano

Kroasia (4-3-3)
Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Sosa; Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic; Andrej Kramaric, Ivan Perisic, Marko Livaja

Bagaimana prediksi skor Jepang Vs Kroasia?

Melihat penampilan Jepang di sepanjang babak penyisihan grup Piala Dunia 2022, sulit untuk tak menempatkan tim ini sebagai penantang serius dari Kroasia.

Laman penyedia statistik sepak bola, Who Scored bahkan berani memprediksi Jepang menang atas Kroasia dengan skor 2-1. Sementara itu, Sportsmole memilih memprediksi Jepang Vs Kroasia berakhir imbang 1-1. Namun, ketika terjadi adu tendangan penalti mereka lebih menjagokan Kroasia memenangi laga babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar ini.



Duel antara Jepang Vs Kroasia ini akan disiarkan langsung oleh SCTV dan bisa disaksikan pula melalui link live streaming di Vidio, Champions TV, dan NEX Parabola.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya