SOLOPOS.COM - Pohon tumbang menutup akses jalan menuju Pasar Cuplik di wilayah Kelurahan Combongan, Kecamatan Sukoharjo, Sukoharjo, Rabu (2/2/2022). (Istimewa-dok. Sukarelawan Bencana Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO — Sedikitnya belasan pohon tumbang menutup akses jalan di wilayah Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, akibat terjangan angin kencang atau lisus, Rabu (2/2/2022) sore. Hujan lebat disertai angin kencang juga menerjang panel listrik di wilayah Kelurahan Combongan, Kriwen, dan Sukoharjo.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Rabu, awan hitam menggumpal di langit sesaat sebelum turun hujan yang mengguyur wilayah Kecamatan Sukoharjo dan sekitarnya. Hujan lebat disertai angin kencang terjadi selama sekitar 20 menit mulai sekitar pukul 15.00 WIB. Lisus menerjang sebagian wilayah Kecamatan Sukoharjo yang mengakibatkan belasan pohon tumbang dan panel listrik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Camat Sukoharjo, Havid Danang Purnomo, mengatakan ada satu pohon besar tumbang yang menutup akses jalan utama di wilayah Kelurahan Combongan. Akses jalan yang tertutup menuju Pasar Cuplik dan sebaliknya. Saat ini, sukarelawan bencana alam dibantu masyarakat tengah memotong batang pohon menggunakan gergaji mesin.

Baca juga: Diterjang Lisus, Lima Pohon di Desa Plesan Sukoharjo Tumbang

“Para pengguna jalan tak bisa lewat. Batang pohon yang tumbang cukup besar. Harus terlebih dahulu dipotong, baru bisa dilewati kendaraan bermotor,” kata dia, saat dihubungi Solopos.com, Rabu.

Sementara pohon tumbang lainnya terjadi di sebagian wilayah Sukoharjo seperti Kelurahan Kriwen, Kelurahan Sonorejo, dan Kelurahan Sukoharjo. Pohon tumbang menimpa halaman rumah penduduk dan panel listrik. Otomatis aliran listrik di daerah tersebut seketika padam.

Butuh Listrik Saat Malam

Havid menyebut telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo untuk penanganan pohon tumbang. “Mudah-mudahan segera teratasi terutama aliran listrik. Masyarakat sangat membutuhkan listrik pada malam hari,” papar dia.

Baca juga: Sebelum Pembacokan, Terungkap Ada Aksi Perusakan Bangunan di Sukoharjo

Kepala Pelaksana BPBD Sukoharjo, Sri Maryanto, menyatakan sukarelawan bencana alam masih memotong-motong batang pohon tumbang. Mereka juga mendata jumlah pohon yang tumbang akibat diterjang lisus.

Dia menguraikan dalam sebulan terakhir, wilayah Sukoharjo kerap dilanda lisus yang mengakibatkan pohon tumbang di pinggir jalan. Biasanya, angin lisus terjadi sesaat sebelum turun hujan dengan gejala angin kencang yang berputar-putar.

“Kami meminta agar masyarakat mewaspadai angin kencang saat turun hujan lebat. Hujan turun kadang kala disertai angin kencang yang bisa merusak rumah penduduk, pohon di pinggir jalan serta panel listrik,” kata dia.

Baca juga: Sehari 2 Aksi Pembacokan Terjadi di Sukoharjo, 3 Orang Terluka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya