SOLOPOS.COM - Atap rumah warga dan pohon di Bulu, Jaten rusak diterjang hujan disertai angin kencang pada Jumat (18/3/2022) sore. (Solopos/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Rumah seorang janda di Desa Sumberjo, Kecamatan Kerjo, Karanganyar, porak poranda diterjang hujan disertai angin kencang atau lisus pada Jumat (18/3/2022).

Beruntung tidak ada korban dalam kejadian ini. Namun kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah. Ketua Forum Komunikasi Peduli Bencana (FKPB) Kerjo, Robingan, mengatakan hujan deras disertai angin kencang menerjang wilayah Kecamatan Kerjo sekitar pukul 15.00 WIB.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Semula awan terang benderang lalu berubah menjadi gelap. Kemudian turun hujan dan angin kencang,” katanya ketika dihubungi Solopos.com.

Baca Juga: Diawali Gemuruh, Tebing Longsor Timpa Rumah Warga Jatiyoso Karanganyar

Ia mengatakan hujan disertai angin kencang atau lisus di Kerjo, Karanganyar, ini berlangsung sekitar 15 menit. Akibat rumah milik Purbojati, 44, porak-poranda. Bangunan dapur, kamar, dan gudang ambrol. Beruntung dalam kejadian itu tidak ada menimbulkan korban.

“Ibu Purbojati ini seorang janda dan tinggal dengan anaknya yang mengalami keterbatasan. Usia anaknya masih enam tahun. Untungnya semua selamat,” katanya.

Baca Juga: Hujan Deras Disertasi Angin Kencang, 11 Rumah di Karanganyar Rusak

Ia menambahkan korban merupakan pekerja serabutan. Dibutuhkan uluran tangan untuk memperbaiki rumah yang rusak karena terjangan angin. Hujan disertai angin kencang atau lisus juga menerjang wilayah Bulu, Desa/Kecamatan Jaten, Karanganyar.

Warga Bulu, Sutris, menuturkan hujan deras disertai angin kencang terjadi pukul 16.00 WIB. Terjangan angin kencang membuat teras depan rumahnya rusak. Kemudian angin juga menumbangkan pohon di depan rumahnya.

Baca Juga: Bangunan Telaga Rindu Resto Karanganyar Roboh Diterjang Hujan dan Angin

“Jam empat tiba-tiba turun hujan deras. Tiba-tiba datang angin muser langsung atap keangkat mabur terbang malik,” tuturnya. Selain merusak rumah warga, angin juga menerbangkan atap ruko baru di kawasan tersebut.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar Bagas Darmadi mengatakan hujan dengan angin kencang menerjang beberapa wilayah seperti Kecamatan Kerjo dan Jaten. “Ada pohon tumbang, ada genteng rumah warga rusak. Ada juga rumah di Sumberjo yang ambruk,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya