Lisus Terjang Kerjo-Jaten Karanganyar, Pohon Tumbang hingga Rumah Rusak

Hujan disertai angin kencang atau lisus menerjang wilayah Kerjo dan Jaten, Karanganyar, mengakibatkan pohon tumbang dan rumah rusak.
SHARE
Lisus Terjang Kerjo-Jaten Karanganyar, Pohon Tumbang hingga Rumah Rusak
SOLOPOS.COM - Atap rumah warga dan pohon di Bulu, Jaten rusak diterjang hujan disertai angin kencang pada Jumat (18/3/2022) sore. (Solopos/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Rumah seorang janda di Desa Sumberjo, Kecamatan Kerjo, Karanganyar, porak poranda diterjang hujan disertai angin kencang atau lisus pada Jumat (18/3/2022).

Beruntung tidak ada korban dalam kejadian ini. Namun kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah. Ketua Forum Komunikasi Peduli Bencana (FKPB) Kerjo, Robingan, mengatakan hujan deras disertai angin kencang menerjang wilayah Kecamatan Kerjo sekitar pukul 15.00 WIB.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

“Semula awan terang benderang lalu berubah menjadi gelap. Kemudian turun hujan dan angin kencang,” katanya ketika dihubungi Solopos.com.

Baca Juga: Diawali Gemuruh, Tebing Longsor Timpa Rumah Warga Jatiyoso Karanganyar

Ia mengatakan hujan disertai angin kencang atau lisus di Kerjo, Karanganyar, ini berlangsung sekitar 15 menit. Akibat rumah milik Purbojati, 44, porak-poranda. Bangunan dapur, kamar, dan gudang ambrol. Beruntung dalam kejadian itu tidak ada menimbulkan korban.

“Ibu Purbojati ini seorang janda dan tinggal dengan anaknya yang mengalami keterbatasan. Usia anaknya masih enam tahun. Untungnya semua selamat,” katanya.

Ekspedisi Energi 2022

Baca Juga: Hujan Deras Disertasi Angin Kencang, 11 Rumah di Karanganyar Rusak

Ia menambahkan korban merupakan pekerja serabutan. Dibutuhkan uluran tangan untuk memperbaiki rumah yang rusak karena terjangan angin. Hujan disertai angin kencang atau lisus juga menerjang wilayah Bulu, Desa/Kecamatan Jaten, Karanganyar.

Warga Bulu, Sutris, menuturkan hujan deras disertai angin kencang terjadi pukul 16.00 WIB. Terjangan angin kencang membuat teras depan rumahnya rusak. Kemudian angin juga menumbangkan pohon di depan rumahnya.

Baca Juga: Bangunan Telaga Rindu Resto Karanganyar Roboh Diterjang Hujan dan Angin

“Jam empat tiba-tiba turun hujan deras. Tiba-tiba datang angin muser langsung atap keangkat mabur terbang malik,” tuturnya. Selain merusak rumah warga, angin juga menerbangkan atap ruko baru di kawasan tersebut.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar Bagas Darmadi mengatakan hujan dengan angin kencang menerjang beberapa wilayah seperti Kecamatan Kerjo dan Jaten. “Ada pohon tumbang, ada genteng rumah warga rusak. Ada juga rumah di Sumberjo yang ambruk,” katanya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago