SOLOPOS.COM - Seorang warga Dusun Kopen Baru, Bero, Manyaran, berada di depan rumahnya, Minggu (16/8/2015). Tahun ini Pemkab Wonogiri menambah jaringan listrik, salah satunya ke Kopen. (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)

Listrik Wonogiri, warga Kopen tak sepenuhnya senang adanya rencana pemasangan jaringan listrik

Solopos.com, WONOGIRI--Warga Kopen Baru, Bero, Manyaran tak sepenuhnya senang dengan rencana pemasangan jaringan listrik di lingkungannya. Sebab mereka masih memikirkan pemasangan listrik sampai ke masing-masing rumah.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Saat ini, Minggu (16/8/2015) sejumlah tiang listrik dari beton telah terpasang dari Dusun Gayam sampai lokasi permukiman di Kopen Baru. Tapi belum termasuk kabel listriknya. Menurut warga setempat, pemasangan kabel akan dilakukan tak lama lagi. Warga yang tinggal di Kopen Baru merupakan warga pindahan dari Kopen Lama. Mereka pindah sejak 2013 lalu karena lokasi permukiman sebelumnya terancam bencana tanah longsor. Menurut salah satu warga setempat, Mujiyono, warga merasa senang dengan rencana pemerintah menambah jaringan listrik hingga ke Kopen Baru. Sebab selama ini warga hanya mendapatkan listrik dari masjid dan rumah warga di lokasi permukimannya semula.

“Ya kami senang karena sudah ada jaringan listrik. Tapi kami juga berpikir karena harus menyiapkan biaya besar. Sebab sampai saat ini kami belum mendapat kepastian terkait pemasangan listrik ke setiap rumah,” kata dia. Warga mempertanyakan untuk pemasangan listrik ke rumah warga akan dibantu oleh pemerintah atau harus dilakukan mandiri oleh setiap pemilik rumah.

“Perlu biaya yang tidak sedikit untuk memasang listrik ke rumah. Padahal listrik di rumah kami yang lama sampai saat ini masih dikenai pajak. Apa tidak bisa dipindahkan [dari Kopen Lama ke Kopen Baru]?” kata dia.

Menurut Mujiyono, warga berharap meteran listrik dari rumah lamanya dapat dipindahkan ke rumah banrunya. “Atau setidaknya ada bantuan untuk pemasangan listrik, sebab ini disebabkan adanya bencana,” kata dia.

Keinginan warga tersebut juga disampaikan Kepala Desa Bero, Roh Edy Wibowo. Menurutnya warga yang tinggal di Kopen Baru merupakan korban bencana tanah longsor. Warga berharap untuk pemasangan listrik di permukimannya bisa dilakukan dengan memindahkan meteran di rumah mereka yang lama ke rumah yang baru.

Seperti diketahui tahun ini Pemkab Wonogiri kembali menambah jaringan listrik ke tiga dusun di tiga kecamatan. Di antaranya adalah Kopen, Bero, Manyaran; Pacung, Mlokomanis Kulon, Ngadirojo dan Ngrandu, Posorejo, Kismantoro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya