SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

JOGJA—Perbaikan jaringan listrik PLN kerap membuat traffic light ikut padam, sehingga memicu terjadinya kemacetan. Dinas Perhubungan Kota Jogja pun berencana untuk mengganti traffic light dengan tenaga surya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tahun ini, Dishub Kota Jogja berencana untuk membangun traffic light bertenaga surya di perempetan Menukan, Jogokaryan.

“Beberapa bulan ini sering ada pemadaman sehingga traffic light ikut mati. Contohnya di Jalan Kenari. Karena itu lampu pengatur lalu lintas bertenaga surya sangat efektif,” kata Kepala Seksi Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Jogja, Windarto Koeswandono, Kamis (28/6).

Traffic light bertenaga surya juga dianggap memudahkan pemasangan. Sebab selama ini pemasangan jaringan listrik terkendala banyaknya gorong-gorong di bawah jalan.

Saat ini di Jogja terdapat 59 traffic light, di mana sembilan di antaranya telah menggunakan energi terbarukan, namun baru satu yang sudah total menggunakan tenaga surya yakni di perempatan Tunjung.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya