SOLOPOS.COM - Vaksin Covid-19 buatan Sinovac yang tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (6/12/2020). (Bisnis-Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Meskipun vaksin Covid-19 cap Sinovac buatan Tiongkok sudah sampai di Indonesia namun pemanfaatan vaksin itu melalui vaksinasi masih belum bisa dilakukan. Uji klinis III sejauh ini belum rampung.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia mengingatkan vaksinasi itu masih harus menunggu hasil uji klinis fase III yang sedang berlangsung di Bandung, Jawa Barat. Berdasar hasil uji klinis fase III tersebut, BPOM akan menerbitkan otoritas penggunaan darurat.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Kepala Laboratorium Rekayasa Genetika Terapan dan Protein Desain Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Wien Kusharyoto menyatakan ihwal uji klinis tahap III di Bandung, Jabar tersebut.

Sempat Tanya Dulu, Perempuan Muda Terjun dari Lantai IV Hotel di Bali

"Bagaimanapun kita perlu menunggu hasil uji klinis tahap III di Bandung, yang mungkin perlu diperkuat dengan hasil uji klinis vaksin Sinovac di negara lain, seperti Brasil atau Turki, sebelum EUA [otoritas penggunaan darurat] dapat dikeluarkan oleh BPOM," kata Wien saat dihubungi Kantor Berita Antara di Jakarta, Senin (7/12/2020).

Wien menuturkan vaksin dari Sinovac sudah dibeli, bahkan sudah sampai di Indonesia adalah suatu risiko yang harus diambil terkait program vaksinasi terhadap Covid-19. Hal itu dilakukan demi mendukung ketersediaan vaksin saat program vaksinasi akan dimulai.

Kemanjuran & Keamanan

Wien menuturkan hasil uji klinis tahap III vaksin tersebut akan menunjukkan bagaimana efikasi atau kemanjuran dan keamanan vaksin. Hal itulah yang akan menjadi dasar penetapan bisa tidaknya vaksin digunakan.

Duka untuk Maradona Mengalir dari Buenos Aires hingga Ngarsapura

Hasil uji klinis fase III harus diperoleh dan dianalisis BPOM. Jika sudah memenuhi syarat terkait efikasi, keamanan dan kualitas, dan BPOM memberikan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA), maka vaksin Sinovac bisa digunakan untuk masyarakat.

"BPOM pasti punya tim ahli baik internal maupun eksternal untuk menganalisis datanya," ujar Wien.

Saat ini, masih berlangsung uji klinis fase III vaksin Covid-19 buatan Sinovac asal China di Bandung, Jabar. Jika uji klinis fase III itu selesai, data hasil uji klinis akan dilaporkan ke BPOM dan akan dianalisis.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya