SOLOPOS.COM - Pesawat Lion Air. (Solopos-dok)

Solopos.com, SOLO — Maskapai penerbangan Lion Air mengakui adanya penerbangan dengan rute Denpasar – Wuhan. Lion Air mengatakan bahwa penerbangan tersebut sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Penerbangan internasional dari Denpasar melalui Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali (DPS) tujuan Bandar Udara Internasional Tianhe Wuhan di Distrik Huangpi, Provinsi Hubei, Republik Rakyat Tiongkok (WUH), sudah sesuai standar operasional prosedur (SOP) dan dijalankan menurut aturan yang berlaku,” ujar Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro yang dilansir dari Detik.com, Minggu (26/1/2020).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ia menambahkan penerbangan tersebut hanya bertujuan untuk memulangkan penumpang ke Wuhan. Sementara penerbangan rute sebaliknya, Wuhan – Denpasar, tidak membawa penumpang.

Ada Kampung Bali di Wonogiri, Kecak & Leak Segera Hadir

“Hari ini operasional penerbanganL Lion Air rute Denpasar ke Wuhan bertujuan untuk pemulangan tamu atau penumpang. Penerbangan ini membawa tujuh kru dan 81 penumpang. Penerbangan Wuhan – Denpasar dioperasikan sebagai ferry flight, yakni hanya membawa kru dan tidak menerbangkan tamu atau penumpang,” tambahnya.

Pernyataan Lion Air itu memicu pengacara kondang Hotman Paris Hutapea buka suara. Bahkan, pengacara asal Sumatra Utara (Sumut) tersebut menyentil Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Kesehatan Terawan.

Stadion Manahan Solo Jadi Venue Piala Dunia U-20, PKL Resah

“Bapak Menteri Perhubungan dan Menteri Kesehatan: apakah benar berita ini??? Pintu pesawat buka saat landing di wuhan! Udara dan semua yang di udara masuk pesawat dan terbawa ke Indonesia??? tanya Hotman melalui akun Instagramnya, @hotmanparisofficial, Senin (27/1/2020).

Dikritik banyak pihak, termasuk Hotman Paris, membuat Lion Air akan menghentikan rute penerbangan dari dan menuju Wuhan, China. Pihaknya mengaku selalu berkomitmen untuk mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penumpang dan kru pesawat.

Bus Mira Terguling di Tikungan Maut Sragen, Tanaman Padi Jadi Korban

“Untuk layanan berikutnya, Lion Air akan melakukan penghentian/pembatalan sementara (suspend) penerbangan internasional pulang pergi (pp) rute Denpasar – Wuhan – Denpasar hingga pemberitahuan lebih lanjut. Keputusan penghentian sementara merupakan bagian dari langkah antisipasi berdasarkan pemberitahuan larangan perjalan dari otoritas Wuhan mengenai dampak wabah virus corona,” tandas Danang.

Berdasarkan pantuan Solopos.com pada laman resmi milik Lion Air, Lionair.co.id, Senin (27/1/2020) siang, untuk penerbangan Denpasar – Wuhan dan rute sebaliknya tidak ditemukan hingga akhir Januari 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya