SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat-pesawat Lion Air (Andi Rambe/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, SOLO – Sekitar 400 penumpang Lion Air pada dua penerbangan masih menunggu di Bandara Adi Soemarmo Solo,  Minggu (10/11/2013) malam.

Sedianya dua pesawat tujuan Jakarta itu berangkat pada pukul 17.40 WIB dan 20.00 WIB. Namun, hingga berita ini diturunkan ratusan penumpang itu masih menunggu pesawat dari Jakarta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hery Barus salah satu penumpang mengatakan dia  bersama 45 temannya, menunggu sudah tiga jam lebih. Pesawat yang ditumpanginya seharusnya berangkat sejak pukul 17.40 WIB. “Tapi sampai sekarang  belum datang, ini sudah hampir 4 jam.  Pesawat dari Jakarta belum datang, padahal pesawat dari maskapai lain ini sudah ada yang sampai di bandara [Adi Soemarmo],” ujarnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Disebutkan dia, informasi yang diterimanya pesawat JT 539 belum berangkat ke Solo karena faktor cuaca yang tak mendukung. “Padahal kalau cuaca, kenapa pesawat seperti Garuda dan Sriwijaya dari Jakarta ini juga sudah landing di Solo,” tanyanya.

Hingga kini, katanya, dia bersama ratusan penumpang yang lain masih menunggu kepastian informasi dari pihak Lion Air. Menurutnya, informasi awal yang diterima, pesawat akan berangkat pada pukul 20.20 WIB, namun hingga kini belum ada informasi lanjutan. “Berdasarkan aturannya kalau delay lebih dari empat jam itu kan harus ada kompensasi. Nah ini kompensasinya apa? Jelas kami dirugikan,” katanya.

Dimintai konfirmasi mengenai masalah ini nomor hadphone Manager Lion Air Solo dan nomor hadphone Sales Area Manajer Jateng-DIY hanya terdengar nada sambung ketika dihubungi Solopos.com.

Sementara itu General Manager Bandara Adi Soemarmo Solo, Abdullah Usman, ketika dihubungi Solopos.com, menjelaskan tidak ada masalah di Bandara Adi Soemarmo Solo. Menurutnya, penerbangan rute Solo-Jakarta diatur oleh Bandara Soekarno Hatta Jakarta.

“Sekarang ini kan ada sistem semua penerbangan ke Jakarta yang ngatur itu dari Bandara Jakarta.  Misal Lion berangkat jam berapa dan lain-lain. Jadi kami di Solo tinggal melaksanakan saja. Ini karena traffic di Soekarno Hatta memang padat,” jelasnya.

Sejauh ini, katanya, faktor cuaca tidak mengganggu penerbangan dari Jakarta-Solo maupun sebaliknya. “Yang bisa kami lakukan sekarang ini jika ada delay, ya membuat penumpang nyaman di Bandara sambil menunggu pesawat.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya