SOLOPOS.COM - Program mudik gratis Kemenhub 2022. (Kemenhub)

Solopos.com, SOLO — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menggelar program mudik gratis menjelang Lebaran 2022. Tujuan program ini hanya ke Provinsi Jawa Tengah.

Pada mudik gratis 2022 kali ini Kemenhub menyiapkan 350 unit bus untuk mengangkut penumpang. Pendaftaran program ini dimulai 10-24 April 2022. Pendaftaran akan ditutup jika kuota telah terpenuhi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ada 14 kota tujuan mudik gratis, yaitu:
1. Tegal
2. Semarang
3. Demak
4. Kudus
5. Boyolali
6. Solo
7. Klaten
8. Wonogiri
9. Wonosari
10. Yogyakarta
11. Magelang
12. Wonosobo
13. Kebumen
14. Purwokerto

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Cara Daftar & Syarat Mudik Gratis 2022, Cek di Sini!

Titik keberangkatan berada di wilayah Jabodetabek. Mulai dari Terminal Poris Plawad (Tangerang), Terminal Jatijajar (Depok), Terminal Baranangpisang (Bogor), Terminal Kampung Rambutan dan Terminal Pulogadung (Jakarta). Adapun jadwal keberangkatan pada 28-29 April 2022.

Sementara titik keberangkatan untuk arus balik dipusatkan di lima wilayah. Mulai dari Terminal Tirtonadi (Solo), Terminal Giri Adipura (Wonogiri), Terminal Mangkang (Semarang), Terminal Bulupitu (Purwokerto) dan Terminal Giwangan (DIY). Keberangkatan arus balik mudik gratis dijadwalkan pada 8 Mei 2022.

Berikut link daftar mudik gratis Kemenhub 2022:

Syarat Peserta Mudik Gratis

Selain mendaftar secara online, peserta mudik gratis 2022 juga wajib mengikuti aturan yang berlaku sesuai Surat Edaran (SE) Kemenhub No.38/2022. Untuk itu, pemudik yang baru mendapatakan vaksin dosis kedua diwajibkan membawa hasil tes antigen maksimal 1×24 jam atau PCR maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan.

Baca juga: Kemenhub Gelar Mudik Gratis untuk 10.500 Orang, Cermati Tanggalnya

Sementara itu, bagi yang baru mendapatkan dosis pertama, wajib membawa bukti tes PCR maksimal 3×24 jam sebelum pemberangkatan. Lalu, pemudik yang memiliki kondisi kesehatan khusus dapat membawa bukti hasil tes PCR 3×24 jam dan surat keterangan rumah sakit pemerintah bahwa yang bersangkutan belum /tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19 pada saat pemberangkatan.

Saat ini link pendaftaran mudik gratis Kemenhub 2022 sedang ditutup untuk melakukan verifikasi. Anda yang ingin mengikuti program ini mesti rajin mengecek situs web tersebut untuk melihat kuota yang tersedia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya