SOLOPOS.COM - Kepala Cabang mobil88 Semarang Andri Sapto, Kepala Cabang TRAC Jateng DIY Hengky Setiawan, Presiden KeSEMaT Universitas Diponegoro Faiz, Kepala Cabang IBID Semarang Ruding Pradita, dan Perwakilan CSR PT Serasi Autoraya Ridwan Ika (dari kiri) dalam penanaman 1.500 bibit hutan bakau di Mangrove Center Mangunharjo, Semarang, 24 Agustus 2022. (Istimewa/TRAC)

Solopos.com, SEMARANG – PT Serasi Autoraya (SERA) Group menanam 1.500 bibit pohon bakau di Mangrove Center Mangunharjo, Kota Semarang, (Kamis (24/8/2022).

Kegiatan itu merupakan bagian dari corporate social responsibility (CSR) SERA demi melindugi daratan semarang dari abrasi air laut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kegiatan ini dipimpin Hengky Setiawan selaku Kepala Cabang TRAC Jateng-DIY. Dalam kegiatan ini, seluruh lini bisnis PT SERA Grup yang ada di Semarang, yaitu TRAC, mobil88 IBID, dan Selog Semarang turut hadir dan berpartisipasi pada acara penanaman bibit hutan bakau.

Ekspedisi Mudik 2024

Program ini merupakan dukungan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) pada point ke-13 dan 15 mengenai perubahan iklim dan ekosistem darat.

Pohon, termasuk pohon bakau, memiliki peran yang sangat penting dalam upaya meredam kenaikan gas rumah kaca yang disebabkan oleh pemanasan global dan perubahan iklim.

Baca Juga: Sewa Mobil Listrik Bisa Sampai ke Danau Toba Loh!

Pohon mampu menyerap karbondioksida yang dihasilkan dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan manusia dan mahluk hidup lainnya.

“Program penanaman mangrove menjadi salah satu upaya SERA dalam mencegah abrasi di kawasan pesisir Semarang, sejalan dengan SDGs 13 dan 15 tentang perubahan iklim dan ekosistem darat,” tutur Hengky Setiawan.

Bibit pohon bakau yang ditanamkan pada acara penanaman pohon ini berjenis rhizophora, yang nantinya akan terus dimonitoring secara berkelanjutan.

Baca Juga: Sewa Bus Kini Bisa Online, Lebih Mudah dan Banyak Pilihan!

Dalam pemilihan jenis bibit ini pun sudah mempertimbangkan terkait kondisi substratnya, budaya masyarakat lokal, serta keunggulan pada bibitnya.

Bibit rhizophora ini memiliki keunggulan karena memiliki akar yang lebih rapat dan kuat, sehingga dapat menanggulangi terjadinya abrasi pada wilayah pesisir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya