Lima Fitur Telegram yang Tak Bisa Kamu Temui di WhatsApp

Lima fitur Telegram yang tak disediakan WhatsApp.
Lima Fitur Telegram yang Tak Bisa Kamu Temui di WhatsApp
SOLOPOS.COM - Logo Whatsapp dan Telegram. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Pengguna aplikasi perpesanan menjadi kembali melirik Telegram saat WhatsApp down berbarengan seluruh produk Facebook lainnya. Nah, ini perlu dicatat fitur apa saja yang dimiliki Telegram namun sulit kamu temukan di WhatsApp.

Telegram merilis fitur pesan yang bsa dijadwalkan dengan pemberitahuan tanpa suara. Fitur ini bisa untuk mengirimkan pesan suara atau video agar kiriman lebih bersifat pribadi.

Baca Juga: Wajib Mampir Lur, Ini 5 Destinasi Wisata Murah dan Instagramable Dekat Candi Borobudur

Perancang aplikasi ini berpendapat perpesanan tak sekadar memaksimalkan teks dan emoji. Maka, pesan suara dan video menjadi hal yang menarik untuk mewarnai percakapan dalam aplikasi perpesanan.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna tinggal menahan sebentar ikon kirim dan akan muncul pilihan jadwal. Tentu saja materi pesan suara atau video sudah diambil lebih dulu sebelum mengaktifkan penjadwalan ya.

Baca Juga: Bos Telegram Kritik TikTok dan Netflix, Kenapa?

Nah, jika di WhatsApp pengguna bisa membatalkan pesan saat dirasa salah kirim atau salah ketik, beda halnya di Telegram. Telegram memfasilitasi fitur tipign perfect yang bisa digunakan untuk mengedit pesat walau sudah dikirim.

Berpindah ke urusan menghubungi kontak. Telegram membekali aplikasinya dengan penelusuran kaca pembesar yang bisa diklik dan hanya butuh sekali klik lagi untuk menghubungi kontak yang dikehendaki.

Ada perbedaan tampilan untuk pengguna iOS dalam memanfaatkan fitur ini. Yakni, pengguna perlu menggeser ke bawh daftar obrolan untuk menampilkan bilah pencarian. Selanjutnya, tinggal diklik kontak mana yang pengin kamu telepon atau video call.

Baca Juga: View Once, Fitur Baru WhatsApp Foto-Video Nongol Sekali Langsung Hilang

Urusan grup perpesanan, Telegram membuka fungsi pencarian global. Fitur ini memudahkan pengguna untuk terhubung kepada komunitas yang dikehendaki pengguna dan membuat grup setelahnya.

Kemudian untuk mengirim file, ruang yang disiapkan Telegram lebih besar. Sebab, Telegram mendukung pengiriman file dengan satu kiriman hingga kapasitas 2 GB.

Baca Juga: Begini Nonaktifkan Notifikasi Mention di Whatsapp Grup

Ini cukup menarik bagi pengguna yang memiliki kebutuhan pengiriman video panjang, dokumen besar atau media yang tak terkompresi.

Memang WhatsApp lebih digunakan banyak orang. Menurut penelusuran Solopos, Rabu (13/10/2021), aplikasi tersebut telah digunakan 5 miliar akun. Sementara Telegram digunakan 500 juta pengguna.

Dua aplikasi perpesanan ini dirilis berjarak tiga tahun. WhatsApp diluncurkan pada 18 Oktober 2010 sementara Telegram menyusul dirilis pada 6 September 2013.

Kata Kunci : Fitur Whatsapp Telegram
Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago