SOLOPOS.COM - Poster Police University. (Soompi.com)

Solopos.com, SOLO-Bagi kalian yang penasaran tentang seluk-beluk kehidupan hacker seperti Bjorka, lima drama Korea ini bisa jadi menjawab rasa ingin tahu kalian.  Banyak orang yang tertarik mengenai bagaimana cara para peretas ini beraksi, namun aksinya tersebut sebenarnya berisiko mengancam keamanan siber.

Karena keunikannya, tak sedikit kisah mengenai peretas itu diangkat ke layar kaca dan memberikan sudut pandang baru untuk para penontonnya.  Dikemas apik dan menarik, penonton kerap dibuat berdecak kagum, sekaligus “deg-degan” dengan ulah para peretas di dunia siber ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Untuk anda yang penasaran dan ingin mengenal lebih jauh sudut pandang seorang hacker, berikut lima rekomendasi drama Korea tentang hacker yang seru dikutip dari Antara pada Selasa (13/9/2022):

1. Phantom Ghost (2012)

Drama ini bercerita tentang Kim Woo-hyun, detektif khusus kejahatan dunia maya yang sedang menyelidiki seorang hacker berinisial Hades. Awalnya Hades ini dikejar-kejar oleh detektif Woo-hyun, karena kejahatannya meretas sistem, namun tak disangka ia malah menjadi buronan karena tuduhan pembunuhan.

Baca Juga: Emmy Awards 2022 Digelar, Michael Keaton hingga Squid Game Menang

Ketika Woo-hyun akhirnya berhasil menangkap Hades, ia harus terkejut karena ternyata Hades merupakan teman satu angkatannya di akademi polisi.  Hades tentu saja tidak mengakui tuduhan pembunuhan tersebut dan meminta Woo-hyun untuk membantu membersihkan namanya.

Keseruan dalam drama ini terbentuk karena karakter detektif Woo-hyun dan Hades diperankan oleh aktor yang sama yaitu So Ji-sub.

2. Healer (2014)

Ji Chang-wook menjadi pemeran utama dalam drama Korea Healer mengisahkan tiga orang dengan bakat berbeda, salah satunya hacker, bergabung ke dalam satu kelompok. Kelompok ini memiliki misi berusaha memecahkan kasus penyiaran ilegal satu dekade silam.

Adapun para anggotanya ialah Healer, seorang hacker yang jago bela diri, seorang wartawan dari sebuah media daring, dan seorang lainnya yang merupakan jurnalis populer dari media penyiaran terbesar.

Baca Juga: Presiden Bentuk Tim Khusus untuk Melawan Hacker Bjorka

Kelompok ini pada awalnya diminta oleh sang jurnalis populer bernama Kim Mun Ho untuk melindungi wanita bernama Chae Young-shin (Park Min-young).  Rupanya Chae Young-shin merupakan seorang wartawan dari media daring yang terkait dengan kasus penyiaran ilegal dan telah tenggelam satu dekade lalu.

Karena menyelidiki kasus ini, mereka bertiga menjalin hubungan yang dekat bahkan ada yang berujung menjalin asmara. Kedekatan mereka menjadi semakin kuat setelah mengetahui orang tua mereka merupakan korban dari kasus tersebut.

3. Circle (2017)

Drama ini bisa dibilang memiliki bumbu fantasi dan distopia karena mengisahkan teknologi, makhluk luar angkasa, hingga kondisi sebuah dunia baru di masa depan.

Meski demikian drama Korea ini menyuguhkan kisah seorang hacker dengan alur yang cukup menarik untuk diikuti karena mengisahkan tiga latar waktu 2007, 2017, dan 2037.  Adapun Yeo Jin Goo, Kim Kang Woo, dan Gong Seung Yeon menjadi pemeran dalam drama ini. Mengisahkan seorang alien luar angkasa bernama Byul (Gong Seung Yeon) yang akhirnya menjadi seorang hacker terkenal dengan nama samaran Bluebird.

Baca Juga: Nama Anak Mirip Hacker Bjorka, Ringgo Agus Rahman Unggah Ini

Namun sebelum ia terkenal, Byul sebelumnya merupakan alien yang tersesat dan mendarat di Bumi.  Ia bertemu sebuah keluarga dengan satu pasang anak kembar, nahasnya Byul harus menjadi bahan percobaan dari ayah sang anak kembar.

Sang ayah mengisolasi diri dan meninggalkan keluarganya untuk meneliti lebih lanjut sosok Byul, membuat kedua anaknya kehilangan sang ayah.  Kejadian itu menjadi titik awal bagaimana kisah di Circle bisa terjadi dan memberi benang merah di rentang waktu yang jauh itu.

4. Mad Dog (2017)

Yoo Ji Tae menjadi pemeran utama dalam drama ini yang dikenal sebagai seorang mantan detektif bernama Choi Kang Woo.  Selama menegakkan keadilan ia pun diberi julukan yaitu Mad Dog, namun ia harus berhenti dari kepolisian dan menjadi detektif swasta akibat kasus kecelakaan pesawat yang merenggut istri dan anaknya.

Menjalani pekerjaan detektif swasta, Mad Dog bekerja sebagai pemimpin dari tim investigasi asuransi dengan tugas untuk mencegah penipuan dalam proses pencairan dana asuransi.  Suatu hari dia bertemu Kim Min-joon (Woo Do-Hwan) yang merupakan adik dari pilot pesawat pembawa keluarganya.

Baca Juga:  Pemerintah Kalang Kabut “Ditelanjangi” Teror Hacker Bjorka

Min-joon mengatakan bahwa kecelakaan pesawat yang menimpa keluarga mereka adalah kesengajaan. Tentu saja hal ini membuat Mad Dog dan timnya berusaha mengumpulkan bukti tentang peristiwa itu.  Untuk mengumpulkan bukti tersebut, Mad Dog dibantu oleh timnya yang andal dan terdiri dari hacker, ahli bela diri, serta ahli menyamar yang diperankan oleh Ryu Hwa-young, Jo Jae-yoon, dan Kim Hye-sung.

5. Police University (2021)

Dalam “Police University” karakter utama yang dikisahkan adalah Kang Seon-ho yang diperankan oleh aktor Jung Jin-young, seorang hacker jenius yang meretas sistem komputer demi membiayai pengobatan kanker ayahnya.

Sialnya ia terlacak dan sempat berurusan dengan kepolisian namun akhirnya ia dibebaskan dari tuduhan oleh detektif yang menangani kasusnya. Tak lama setelah itu, ia setelah bertemu dengan perempuan idamannya Oh Kang-hee (Krystal Jung), seorang perempuan cantik yang jago beladiri dan memiliki cita-cita sebagai polisi.

Baca Juga: Hanung Bramantyo Batal Bikin Film tentang Munir, Ini Penyebabnya



Oh Kang-hee mendaftar ke akademi kepolisian yang membuat Kang Seon-ho juga menjadi ikut mendaftar dan meninggalkan dunia hacker yang digelutinya selama ini.  Masalah muncul ketika dia bertemu dengan mantan detektif yang dulu sempat menyelidiki kasus kejahatannya saat menjadi hacker.

Mantan detektif itu bernama Yoo Dong-man (Cha Tae Hyun) dan berperan menjadi dosen investigasi di kampusnya. Dengan awal mula yang rumit ternyata keduanya bisa bersatu dan bekerja sama untuk mengungkap kasus pencucian uang di tubuh kepolisian lewat kedok judi online.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya