SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KARANGANYAR — Lima balita di Karanganyar dinyatakan positif mengidap penyakit HIV/AIDS. Mereka mengidap penyakit HIV/AIDS karena ditularkan langsung oleh ibu kandungnya.

Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) DKK Karanganyar, Fatkul Munir, mengatakan para balita tersebut tengah ditangani secara intensif oleh tim medis. Mereka selalu dipantau dan diberi asupan susu dan obat-obatan oleh tim medis.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Balita tersebut selalu dipantau perkembangannya oleh tim medis,” katanya saat ditemui Solopos.com, Kamis (7/2/2013).

Mereka tertular penyakit HIV/AIDS tersebut langsung dari ibu kandungnya yang positif terkena HIV/AIDS. Permasalahannya, para ibu hamil tersebut tidak menyadari dirinya positif mengidap HIV/AIDS. Setelah melahirkan, baru ibu hamil tersebut diketahui positif HIV/AIDS.

Kemungkinan, jumlah balita yang positif menderita HIV/AIDS bakal bertambah. Sebab, masih banyak ibu hamil yang tidak menyadari jika dirinya menjadi penderita HIV/AIDS.

“Persoalannya sulit untuk mendeteksi ibu hamil yang positif mengidap HIV/AIDS. Jadi perlu kesadaran masyarakat termasuk ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin,” terangnya.

Pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memerangi penyakit HIV/AIDS. Sebab, penanggulangan penyakit tersebut tidak bisa dilakukan hanya oleh instansi terkait. Berdasarkan data DKK Karanganyar, jumlah penderita HIV/AIDS di Karanganyar mencapai 137 orang. Rinciannya, penderita laki-laki sebanyak 75 orang sementara perempuan sebanyak 62 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya