SOLOPOS.COM - Ilustrasi.dok

Liga Mahasiswa Taekwondo Soloraya menyajikan UNS sebagai juara umum.

Solopos.com, SOLO – Kontingen taekwondo Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menyabet gelar juara umum Liga Mahasiswa (Lima) Taekwondo 2015 zona Soloraya. Berlaga di Auditorium Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo, Sabtu (6/12/2015), UNS memboyong 9 medali emas, 4 perak, dan 1 perunggu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bukan hanya menguasai persaingan di kategori poomsae (jurus), UNS juga unggul di kategori kyurugi. Meski hanya menurunkan para atlet pelapis, UNS berhasil mengoleksi 6 medali emas, 2 perak, dan 1 perunggu dari tiga tim yang diturunkan di kategori kyurugi, Sabtu malam. Sebelumnya, mereka juga menyabet medali terbanyak di kategori poomsae, yakni dengan raihan 3 medali emas dan 2 perak.

Pelatih taekwondo UNS, Bughy Rubiyanto, tidak menyangka anak-anak didiknya mampu mendulang hasil maksimal di Lima tahun ini. “Kami hanya menurunkan tim pelapis dengan 80 persen atlet pemula, jadi awalnya hanya berani menargetkan 4 medali emas dari kyurugi. Kami juga harus menghadapi persaingan ketat dengan kontingen UMS [Universitas Muhammadiyah Solo], Unisri, dan UTP [Universitas Tunas Pembangunan],” tutur dia kepada Solopos.com.

Penampilan gemilang para atlet pemula menjadi kabar gembira bagi UNS yang tengah mempersiapkan tim untuk menghadapi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Taekwondo antarmahasiswa di Universitas Brawijaya, Malang, Februari 2016 mendatang. Bughy mengatakan atlet pemula yang berhasil menorehkan prestasi di Lima Taekwondo Soloraya tahun ini akan mendapatkan tempat di tim utama UNS.

“Atlet pemula yang tampil bagus tentu akan mendapatkan promosi untuk masuk tim utama yang akan dikirim menghadapi kejuaraan di Brawijaya nanti,” imbuh dia.

Sementara itu, UNS menggagalkan ambisi Unisri untuk menyabet gelar juara umum. Kontingen tuan rumah harus puas finis di peringkat ketiga dengan raihan 2 medali emas, 6 perak, dan 4 perunggu. Sebanyak 2 medali emas, 5 perak, 4 perunggu diraih Unisri dari kategori kyurugi, sedangkan sekeping perak lainnya didulang dari ketegori poomsae.

Klasemen Medali Lima Taekwondo 2015

No Tim Emas Perak Perunggu

  1. UNS 9 4 1
  2. Udinus 4 0 2
  3. Unisri 2 6 4
  4. UMS 1 1 10
  5. Amikom Jogja 1 1 3
  6. UTP 0 3 2
  7. Universitas Muhammadiyah Magelang 1 0 2
  8. UKSW 1 0 1
  9. ATW 0 0 6
  10. Amikom Purwokerto 0 0 3
  11. Untidar 0 0 0

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya