SOLOPOS.COM - Juventus vs Napoli (REUTERS/Giorgio Perottino)

Liga Italia akan menyajikan Napoli vs Juventus.

Solopos.com, NAPLES — Napoli menghadapi salah satu ujian terbesar untuk meraih scudetto kali pertama sejak 1990 ketika menjamu Juventus di San Paolo, Naples, Sabtu (2/12/2017) pukul 02.45 WIB.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Setelah beberapa tahun terakhir hanya menjadi bayang-bayang Juventus, Napoli akan kembali  berusaha meraih scudetto pertama mereka sejak hampir tiga dekade silam. Partenopei, julukan Napoli, memimpin perburuan gelar Seri-A musim ini dengan meraup 38 poin dalam 14 pertandingan pembuka.  Akan tetapi Dries Mertens cs. hanya unggul dua poin atas Inter Milan dan empat poin atas Juventus.

Tak pelak, duel kontra Juventus di San Paolo akhir pekan ini disebut-sebut sebagai salah satu pertandingan vital untuk menentukan scudetto. Pertemuan Napoli dan Juve selalu berlangsung sengit sejak mereka terlibat persaingan sengit di perebutan gelar juara Seri-A dalam beberapa tahun terakhir. Rivalitas dua tim ini semakin memanas sejak Juve membajak monster gol Napoli, Gonzalo Higuain, ke Turin pada musim panas 2016.

Track record Napoli pada grande partita (big match) musim ini lumayan bagus. Tim besutan Maurizio Sarri itu mengalahkan AS Roma, Lazio, dan AC Milan, plus menahan Inter Milan tanpa gol. Tapi Napoli belum bisa bernapas lega karena Juve merupakan ganjalan terbesar musim ini.

Napoli bisa berharap pada tuah San Paolo. Partenopei mencatat rekor tak terkalahkan dalam 13 pertemuan kontra Juve di San Paolo. Kali terakhir Napoli menelan kekalahan kandang saat menjamu Juve yakni ketika takluk 1-3 pada Januari 2015.

Lorenzo Insigne dkk. bakal memanfaatkan pertahanan Juventus yang keropos musim ini. Gawang Bianconeri, julukan Juventus, telah kebobolan 14 gol dalam 14 pertandingan. Alias dengan rata-rata kemasukan 1 gol per laga. Juve juga tidak pernah meraih clean sheet di San Paolo sejak ditahan imbang 0-0 Napoli pada Maret 1997.

“Bagi Napoli, ini bukan hanya sekadar laga terpenting musim ini, karena kemenangan di laga ini sangat penting untuk meraih gelar,” jelas mantan pemain Napoli dan Juventus, Ciro Ferrara, seperti dilansir Football-italia.net.

Mertens bisa menjadi senjata Napoli mengoyak gawang Bianconeri. Penyerang asal Belgia itu menopang 10 gol (29%) dari total 35 gol tim asal Naples itu di Seri-A musim ini. Juve juga pantas waspada dengan Marek Hamsik.

Pemain dengan gaya rambut eksentrik ini mengusung misi pribadi untuk menyamai rekor top scorer sepanjang masa Partenopei, Diego Armando Maradona. Hamsik hanya perlu satu gol lagi untuk sejajar dengan Maradona yang mendulang 115 gol ketika mengenakan kostum Biru Langit, warna kebesaran Napoli.

Suporter Napoli bakal menyiapkan sambutan panas untuk Higuain. Penyerang berjuluk El Pipita itu sebelumnya diragukan turun di San Paolo karena mengalamai cedera tangan dan harus naik ke meja operasi. Tapi kabar terbaru, Higuain sudah mulai bergabung latihan dengan rekan-rekan setimnya. Tidak mustahil Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, akan memainkannya dari bangku cadangan.

Juve akan memulai laga dengan menempatkan Mario Mandzukic sebagai striker tengah. Pemain Kroasia itu tidak pernah mempermasalahkan posisi yang dipercayakan kepadanya, termasuk ketika digeser sebagai penyerang kiri.

“Ini akan jadi pertandingan penting, kami sangat waspada, namun performa kami hebat. Kami respek kepada Napoli, tapi kami akan buktikan akan berada di puncak pada Mei nanti [juara],” jelas bek tengah Juventus, Giorgio Chiellini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya