SOLOPOS.COM - FC Porto vs Liverpool (JIBI/Reuters/Matthew Childs)

Liga Champions akan menyajikan duel Liverpool vs Porto.

Solopos. LIVERPOOL — Liverpool seolah hanya melakoni laga formalitas ketika menjamu Porto pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Stadion Anfield, Liverpool, Rabu (7/3/2018) pukul 02.45 WIB. Maklum, pasukan Jurgen Klopp tersebut telah unggul 5-0 pada leg pertama di markas Porto.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

The Reds, julukan Liverpool, bakal di atas angin untuk lolos ke perempat final di turnamen paling elite di Benua Biru ini. Ini akan menjadi tiket perempatfinal kali pertama bagi Merseyside Merah di Liga Champions sejak 2009.

Ekspedisi Mudik 2024

Klopp diprediksi akan melakukan rotasi pemain secara besar-besaran di leg kedua nanti. Apalagi, Liverpool dijadawalkan melakoni big match melawan musuh bebuyutan mereka, Manchester United,  di Liga Premier Inggris, akhir pekan nanti. Pertandingan melawan United itu sekaligus menjadi perebutan posisi runner-up klasemen sementara Liga Premier.

Meski demikian, Klopp menolak mencadangkan pemain-pemain intinya. Mantan der trainner Borussia Dortmund itu enggan mengambil risiko dan berjanji bakal menurunkan kekuatan penuh. “Ini bukan soal istirahat. Porto memenangi semua laga sejak kami mengalahkan mereka. Mereka bisa membalas, itu yang mereka inginkan. Mereka orang-orang Portugal, dengan bangga mereka akan membalas. Mereka ingin balas dendam,” jelas Klopp, seperti dilansir Reuters, Senin (5/3/2018).

Porto tentu tidak mau tinggal diam setelah dipermalukan Liverpool 0-5 di kandang. Itu menjadi rekor kekalahan kandang terburuk mereka dalam sejarah Liga Champions. Namun, Iker Casillas dkk. harus sadar diri karena musuh mereka sedang ganas-ganasnya musim ini. Apalagi, Liverpool akan bermain di kandang sendiri.

Dalam data Uefa.com, The Reds melesakkan 12 gol hanya dalam tiga laga di Stadion Anfield pada fase grup lalu. Itu artinya, Mohamed Salah dkk. mencetak rata-rata empat gol per pertandingan di kandang! Di sisi lain, persoalan lini belakang Liverpool semakin teratasi.

Selain semakin membaiknya performa bek termahal mereka, Virgil van Dijk, The Reds juga pantas mengapresiasi kinerja kiper Loris Karius. Eks penjaga gawang Mainz itu membukukan penyelamatan brilian untuk membuat timnya clean sheet ketika melawan Newcastle United, akhir pekan lalu.

Kapten dan gelandang bertahan, Jordan Henderson, juga memberi andil besar atas semakin solidnya pertahanan The Reds. Pundit Liga Premier, Adam Jones, menilai performa Henderson tak kalah hebat dibanding gelandang bertahan Chelsea, N’Golo Kante.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya