SOLOPOS.COM - Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane. (Reuters)

Solopos.com, JAKARTA–Manajer Real Madrid Zinedine Zidane bersikeras tetap optimistis walaupun timnya kini berada di ujung tanduk karena kalah lagi melawan Shakhtar Donetsk dengan skor 0-2 dalam laga kelima Grup B Liga Champions di NSC Olimpiyksiy, Kiev, Ukraina, Selasa (1/12/2020) waktu setempat atau Rabu (2/12/2020) WIB.

Kekalahan itu membuat Real Madrid tersisih ke peringkat ketiga klasemen sementara Grup B dengan koleksi tujuh poin, di bawah Shakhtar yang punya raihan serupa tapi unggul head-to-head.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

Hasil itu juga jadi kekalahan beruntun Los Blancos di semua kompetisi, mengingat akhir pekan lalu mereka juga dikejutkan oleh Alaves 1-2 dalam Liga Spanyol.

“Harus diakui kami berada dalam rentetan hasil buruk, tapi satu-satunya jalan tersisa adalah melangkah maju,” kata Zidane dalam komentar pascalaga dilansir Antaranews dari laman resmi UEFA.

Innalilahi, Korban Bus Ugal-Ugalan Di Sragen Akhirnya Meninggal Dunia

“Ini sebetulnya kami anggap final sehingga persiapannya sangat optimal, tetapi bola tendangan kami tak kunjung melesak ke gawang mereka. Sekarang kami punya satu pertandingan tersisa, kami harus memenanginya untuk lolos dari fase grup,” ujarnya menambahkan.

Real Madrid selanjutnya akan menjamu pemimpin klasemen sementara Borussia Moenchengladbach dalam laga pemungkas Grup B pada Rabu (9/12) pekan depan.

“Saya seorang optimis, memang kami berada dalam situasi yang rumit tetapi tim ini harus bisa memunculkan karakter dan kebanggaannya,” ujar Zidane.

“Sungguh disayangkan hasil hari ini, karena sebetulnya kami tak pantas kalah. Sekarang tinggal menjaga terus keyakinan untuk bisa melaju,” imbuhnya.

Real Madrid punya bekal rekam jejak yang lebih baik melawan Gladbach musim ini, ketika main imbang 2-2 saat melawat ke Borussia Park pada akhir Oktober.

Kendati kalah melawan Inter Milan di laga lebih larut, Gladbach yang punya delapan poin hanya membutuhkan hasil imbang di laga pemungkas kontra Real Madrid untuk memastikan kelolosan ke babak 16 besar.

Jalannya Pertandingan

Real Madrid dibayangi ancaman gagal melangkah dari fase grup Liga Champions seusai dipukul Shakhtar Donetsk 0-2 dalam lawatan ke Stadion NSK Olympiyskiy, Kiev, Ukraina, untuk laga kelima Grup B pada Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Jika Borussia Moenchengladbach mengalahkan Inter Milan pada pertandingan Grup B lainnya yang berlangsung lebih larut, Real tidak akan leluasa menentukan nasibnya sendiri.

Dilansir Antaranews dari laman resmi UEFA, Rabu, Gladbach dipastikan masih di puncak Grup B hingga pekan depan setidaknya dengan sembilan poin, dibayangi Shakhtar yang berada di atas Real Madrid karena keunggulan head-to-head kendati sama-sama mengoleksi tujuh poin.

Shakhtar menaklukkan Real di Spanyol pada pertandingan putaran pertama, dan kembali mengukir kejutan berkat dua gol yang dibukukan pemain-pemain pengganti, Dentinho dan Manor Solomon, pada babak kedua.

Pada pertandingan tersebut, Marco Asensio memiliki peluang emas untuk memecah kebuntuan namun sepakan jarak dekatnya membentur tiang gawang.

Peluang berikutnya milik Real didapat dari Karim Benzema, yang tembakannya dapat digagalkan kiper Anatoli Trubin. Sang kiper juga tampil bagus saat mencegah peluang Marco Asensio. Shakhtar dipaksa lebih banyak bertahan di areanya sendiri, yang membuat mereka tidak dapat mencatatkan satu pun tembakan ke gawang tim tamu.

Liga Champions: Liverpool Melaju Ke Babak 16 Besar Berkat Gol Curtis Jones

Memecah Kebuntuan

Real kembali mengancam pada awal babak kedua, saat bola kiriman Benzema diteruskan Nacho dengan sundulan melambung. Shakhtar tidak mau ditekan terus, mereka kemudian mendapat peluang melalui Taison yang mampu melewati Varane sebelum melepaskan sepakan yang dapat ditahan Thibuat Courtois.

Tuan rumah memecah kebuntuan pada menit ke-57. Operan dari Viktor Kovalenko menimbulkan kebingungan bagi Ferland Mendy dan Varane, untuk membuat Dentinho dapat melakukan sepakan penyelesaian dengan kaki kiri.

Varane melakukan penyelamatan penting untuk mencegah ancaman dari Kovalenko. Namun serangan balik lainnya dari Shakhtar membuahkan gol kedua pada menit ke-82, saat Solomon mendapat ruang untuk menggiring bola dari area pertahanannya sendiri sebelum menaklukkan kiper Courtois.

Pada pertandingan-pertandingan terakhir putaran grup, Real akan menjamu pemuncak klasemen Gladbach, sedangkan Inter kedatangan Shakhtar, pada Rabu (9/12/2020) depan.

Susunan pemain:

Shakhtar Donetsk (4-2-3-1): Anatoli Trubin, Dodo, Vitao, Valeriy Bondar, Mykola Matviyenko, Viktor Kovalenko (Alan Patrick 85′), Taras Stepanenko, Tete, Marlos (Maycon Barberan 73′), Taison (Manor Solomon74′), Junior Moraes (Dentinho 25′ (Fernando 85′))
Pelatih: Luis Castro

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois, Lucas Vazquez, Raphael Varane, Nacho Fernandez, Ferland Mendy, Luka Modric, Toni Kroos, Martin Oedegaard (ISco 77′), Rodrygo (Vinicius Junior 77′), Karim Benzema (Mariano Diaz 77′), Marco Asensio
Pelatih: Zinedine Zidane



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya