SOLOPOS.COM - Arsenal VS Napoli (Istimewa)

Solopos.com, PARIS — Selain Galatasaray dan Juventus yang akan menjalani laga tunda setelah dalam jadwal semula dihentikan gara-gara hujan lebat dan salju, sembilan tim akan berebut enam tiket sisa babak 16 Besar Liga Champions Kamis (11/12/2013) dini hari nanti.

Kesembilan tim lainnya itu adalah FC Basel, Schalke 04, Arsenal, Borussia Dortmund, Napoli, FC Zenit, Porto, AC Milan, dan Ajax Amsterdam.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mantan juara Liga Champions AC Milan dan Borussia Dortmund akan memasuki pertandingan terakhir mereka dalam fase grup dengan berharap minimal seri demi melanjutkan impian mereka mengangkat trofi Liga Champions tahun baru nanti.

Sedangkan pertemuan Napoli dan Arsenal adalah pertandingan terpanas yang akan menjadi paling mendebarkan Kamis dini hari nanti, selain juga pertemuan AC Milan dengan Ajax Amsterdam yang juga menentukan nasib ke 16 Besar.

 

GRUP E

Schalke 04 vs FC Basel

Schalke dan Basel benar-benar mesti bertarung mati-matian dalam pertemuan mereka ini agar lolos ke 16 Besar Liga Champions. Basel saat ini mengemas delapan poin atau satu poin di bawah Chelsea yang sudah memastikan lolos dan satu poin di atas Schalke. Itu berarti Basel masih bisa menjadi juara grup jika menang dari Schalke dan saat bersamaan Chelsea ditahan seri atau kalah.

Sedangkan Schalke harus menang demi menyingkirkan klub Swiss itu dari arena dan guna menempati peringkat dua grup, lalu lolos ke 16 Besar. Salah satu hantu yang menyelimuti Basel adalah saat terakhir kali bertandang ke Jerman, mereka dibantai 7-0 oleh Bayern Munchen pada babak 16 Besar Liga Champions tahun 2012.

 

Chelsea vs Steaua Bucharest

Chelsea sudah memastikan lolos ke babak knockout, namun masih perlu mengalahkan Bucharest untuk menjamin posisinya di puncak Grup E. Dikalahkan 2-3 oleh Stoke di Liga Premier akhir pekan lalu, tim asal London barat itu telah kemasukkan enam gol dalam dua laga terakhirnya.

Pelatih Jose Mourinho merespons kekalahan ini dengan memberi para pemainnya satu hari istirahat agar apa yang dia sebut “baik untuk kepala mereka”.

Steaua tak pernah menang sekali pun di Grup E derngan tiga kali seri dan dua kali kalah dalam lima pertandingan terdahulunya. Faktanya klub Rumania ini pernah memenangi laga tandangnya di Liga Champions pada September 2006 saat melawan Dynamo Kiev.  Saat itu Steaua menciptakan rekor 22 laga tanpa kekalahan untuk menyamai pencapaian Spartak Moscow (Desember 2000-November 2006).

 

GRUP F

Napoli vs Arsenal

Arsenal akan lolos ke 16 Besar jika setidaknya seri menghadapi penjamunya Napoli.  Pemuncak klasemen Liga Premier itu tetap akan lolos jika kalah hanya dua gol atau di bawahnya.

Klub asuhan Arsene Wenger ini memiliki catatan bagus saat bertanding di Italia dan kini sudah mengantongi 12 poin, tiga poin di atas Borussia Dortmund dan Napoli yang diasuh Rafa Benitez. Napoli harus mengalahkan Arsenal dengan selisih tiga gol, tapi itu juga membutuhkan syarat lain yaitu jika Dortmund menang melawan Marseille yang belum meraih satu poin pun akibat lima kali kalah dalam lima laga terdahulunya.

 

Marseille vs Borussia Dortmund

Kemenangan bagi Borussia Dortmund dari Marseille akan menghidupkan peluang tampil kembali di final Liga Champions kedua kali berturut-turut.

Klub Bundesliga ini akan mencapai babak knockout dengan harus menang, apa pun hasil pertandingan Napoli melawan Arsenal di Italia. Dortmund akan tetap lolos jika pun seri, tapi andai Napoli dikalahkan Arsenal.

Dortmund menelan kekalahan keempatnya di Bundesliga musim ini akhir pekan lalu. Klub ini kalah 0-1 dari penempat posisi dua klasemen Bayer Leverkusen. Dortmund juga akan kehilangan gelandang Sven Bender, sedangkan pemain timnas Turki Nuri Sahin diragukan tampil.  Sementara Marseille akan turun gelanggang dengan perasaaan kacau setelah pelatih Elie Baup dipecat untuk digantikan Jose Anigo.

 

GRUP G

Austria Vienna vs Zenit St Petersburg

Austria Vienna memburu kemenangan pertama di fase grup ini, namun Zenit yang berasal dari Rusia itu yakin menang dan melaju ke 16 Besar sekalipun Porto mengalahkan juara grup ini Atletico Madrid di Spanyol. Tuan rumah sejauh ini tampil tak menyakinkan dengan tiga kali kalah berturut-tutur di fase grup musim ini.

Zenit yang walau bermain 10 orang bisa menahan Austria Vienna 0-0 dalam pertemuan pertama mereka, terbilang efektif dalam laga tandangnya dengan tiga kali menang dari empat laga tandang di kompetisi ini selama musim ini.

Bek tengah Zenit asal Belgia Nicolas Lombaerts berkata kepada uefa.com yakin timnya akan menunjukkan penampilan terbaiknya. “Kami termotivasi karenma kami tidak berhasil lolos musim lalu. Saya kira waktu itu kami telah menyianyiakan, kami telah menyianyiakan poin tandang,” kata dia. “Akan memalukan jika kami menyianyiakan kembali.”

Atletico Madrid vs Porto

Atletico Madrid sudah memastikan lolos dan menjadi juara grup sebelum laga melawan mantan juara Liga Champions Porto ini. Atletico bisa membalas perlakuan Porto yang pernah mencampakkannya ke Liga Europa pada musim kompetisi 2008/09 dan 2009/10.

Atletico mengalahkan Porto 2-1 di Portugal pada pertemuan pertama mereka musim ini dan sepertinya akan mengulangi kemenangan itu kembali, dan memastikan statusnya sebagai ancaman besar bagi tim-tim kelas atas dalam menjuarai Liga Champions.



GRUP H

AC Milan vs Ajax Amsterdam

Andai  Milan gagal menahan seri saja tamunya Ajax sehingga tak lolos ke babak 16 Besar, maka itu akan menjadi sinyal pasti bagi pemecatan pelatih Massimiliano Allegri.

Selama dua musim berturut-turut Milan hanya tampil sebagai penggembira dan kini hanya menempati peringkat sembilan di  Serie A, 22 poin di bawah Juventus. Mereka akan sangat menggantungkan diri pada tampil primanya Mario Balotelli baik secara fisik maupun mental.

Sebaliknya, kendati menang kandang 2-1 melawan Barcelona pada pertandingan sebelumnya, Ajax mempunyai catatan tandang yang buruk pada enam laga tandang terakhirnya di Liga Champions.

 

Barcelona vs Celtic

Raksasa Catalonia ini hanya membutuhkan satu poin saat melawan Celtic untuk memastikannya menjadi juara grup. Barca kembali tak akan diperkuat Lionel Messi, Victor Valdes dan Dani Alves.  Namun Jordi Alba yang menciptakan gol kala kedua tim bertemu di Camp Nou musim lalu, diperkirakan akan turun sejak awal pertandingan.

Celtic sendiri tak memburu apa-apa lagi selain menegakkan harga diri karena andai pun menang melawan Barca nanti, klub Skotlandia ini tetap tak bisa membawa tiket tampil di Liga Europa.







Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya