Liga 2 Kick-off 26 September 2021, Ini Format Babak Penyisihan Grup

Liga 2 2021 akan memakai format double round-robin. Masing-masing tim akan bermain sebanyak 10 kali dalam fase grup ini.
Liga 2 Kick-off 26 September 2021, Ini Format Babak Penyisihan Grup
SOLOPOS.COM - Pt Liga Indonesia Baru. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA– PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) menjadwalkan Liga 2021 bergulir mulai 26 September 2021. Kompetisi yang diikuti 24 tim tersebut direncanakan berakhir pada 19 Desember 2021.

PT LIB pun telah membagi 24 tim tersebut menjadi empat grup. Sehingga masing-masing grup terdiri atas enam tim dengan salah satu tim menjadi tuan rumah.

Liga 2 2021 akan memakai format double round-robin. Masing-masing tim akan bermain sebanyak 10 kali dalam fase grup ini.

Baca Juga: Pasoepati Tak Sabar Saksikan Duel Persis Solo vs PSIM Jogja

“Jadi, juara dan runner-up dari masing-masing grup akan lolos ke babak selanjutnya. Sementara tim terbawah dari masing-masing grup bakal degradasi,” ujar Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, dalam jumpa pers virtual, Kamis (16/9/2021) malam, dikutip dari Suara.com.

PT LIB juga telah menentukan tuan rumah di fase grup putaran pertama ini. Mereka adalah Sriwijaya FC (Grup A), Dewa United (Grup B), Persis Solo (Grup C), dan Kalteng Putra (Grup D).

Penentuan tuan rumah ini tidak sembarangan. PT LIB melihat situasi pandemi Covid-19 hingga faktor kondisi geografis.

Baca Juga: Derbi Mataram di Liga 2, Kisah Kelam Persis Solo vs PSIM Jogja Jangan Terulang Lagi

 

Pembagian Grup

“Putaran kedua nanti karena kita sangat mengikuti perkembangan wilayah PPKM setempat, putaran kedua akan kita tentukan lagi nanti,” kata Sudjarno.

“Untuk babak delapan besar hingga final, nantinya dari PT LIB yang akan mencari dan menentukan,” pungkasnya.

PT LIB telah merilis pembagian grup Liga 2 2021. Stadion Jakabaring Palembang menggelar laga Grup A yang dihuni tim-tim dari Sumatra. Mereka adalah tuan rumah Sriwijaya FC, PSPS Riau, KS Tiga Naga, Semen Padang, PSMS Medan, dan Babel United.

Baca Juga: Tidak Ada Nama AHHA PS Pati FC dalam Daftar Kontestan Liga 2

Penyisihan Grup B digelar di Stadion Madya Senayan Jakarta. Grup ini terdiri atas klub-klub di Lampung, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Tim tersebut adalah Dewa United sebagai tuan rumah, PSKC Cimahi, RANS Cilegon FC, Badak Lampung FC, Perserang Serang, dan Persekat Kabupeten Tegal.

Grup C dimainkan di Stadion Manahan Solo. Sebagai tuan rumah, Persis Solo akan menghadapi tim-tim dari Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur. Tim tersebut adalah PSG Pati, PSCS Cilacap, Persijap Jepara, PSIM Jogja, dan Hizbul Wathan FC (HWFC).

Sementara Grup D yang dihelat di Stadion Tuah Pahoe Palangkaraya mempertemukan tim-tim dari Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Kalteng Putra sebagai tuan rumah akan menghadapi Persiba Balikpapan, Mitra Kukar Tenggarong, Sulut United, PSBS Biak, dan Persewar Waropen.

Kata Kunci : Liga 2 PT LIB Liga 2 2021
Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago