Liga 2 Digelar Senin-Kamis di Daerah PPKM Level 2 dan 3

Pemain maupun pelaksana pertandingan Liga 2 harus diseleksi lewat aplikasi PeduliLindungi.
Liga 2 Digelar Senin-Kamis di Daerah PPKM Level 2 dan 3
SOLOPOS.COM - Skuat Persis Solo pada Liga 2 2021. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA—Pemerintah resmi merestui perhelatan Liga 2 2021 dimulai 26  September. PT Liga Indonesia Baru memastikan pertandingan Liga 2 musim ini akan berlangsung setiap Senin sampai Kamis, sesuai kesepakatan dengan perwakilan klub.

Pemerintah menegaskan pertandingan Liga 2 dibatasi maksimal delapan laga per pekan. Laga juga wajib digelar di daerah dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 2 atau 3.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, dalam pengumuman evaluasi PPKM, Senin (20/9/2021) sore. “Pertandingan Liga 2 digelar kabupaten kota level 3-2 maksimal delapan pertandingan per pekan. Wajib protokol kesehatan,” ujar Luhut yang juga Koordinator PPKM Jawa-Bali.

Baca Juga: Luhut Restui Liga 2 Bergulir 26 September

Dalam kesempatan itu, Luhut menegaskan peran aplikasi PeduliLindungi dalam memantau penerapan protokol kesehatan. Aktivitas terkait Liga 2, baik pemain maupun pelaksana pertandingan, harus diseleksi lewat aplikasi milik pemerintah tersebut.

Liga 2 2021 rencananya bergulir pada 26 September. Kompetisi kasta kedua ini diikuti 24 tim yang terbagi dalam empat grup. Dari empat grup ini dua tim terbaik melaju ke delapan besar, sedangkan tim terbawah degradasi ke Liga 3.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah melakukan undian pembagian grup dan menunjuk tuan rumah. Putaran pertama Liga 2 2021 akan berlangsung di empat kota, yakni Palembang, Solo, Jakarta, dan Palangka Raya.

Baca Juga: Liga 2 Kian Dekat, Tunggakan Gaji Pemain Persis Solo Musim Lalu Belum Beres

 

Terancam Batal

Hingga kini PSSI belum mengumumkan laga pembuka maupun jadwal pekan pertama. Sementara itu, Palangka Raya terancam batal menjadi tuan rumah fase grup Liga 2. Hal ini setelah Kalteng Putra yang bermarkas di Stadion Tuah Pahoe, Palangka Raya, belum kunjung membayar tunggakan gaji pemain senilai Rp1,9 miliar.

PT LIB menimbang memindahkan venue fase Grup D ke Stadion Batakan, Balikpapan. Stadion itu merupakan kandang Persiba Balikpapan. Adapun Grup D bakal diisi Kalteng Putra, Persiba, Mitra Kukar, Sulut United, PSBS Biak dan Persewar Waropen.

“Kalau tak segera lunasi gaji, kami ganti saja [Kalteng Putra]. Di daerah sana ada Balikpapan yang masuk kriteria, sudah ada dalam cadangan untuk Grup D,”’ kata Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita.

Baca Juga: Manfaatkan Posisi Jenderal, Napoleon Bonaparte Diduga Bisa Aniaya M Kece di Rutan Bareskrim

 

Jadwal Liga 2 2021

Penyisihan putaran pertama: 26 September – 22 Oktober 2021

Penyisihan putaran kedua : 1-26 November 2021

Babak 8 besar :  2-11 Desember 2021

Semifinal: 16 Desember 2021

Final dan play-off  : 19 Desember 2021

 

Kata Kunci : Liga 2 PT LIB Liga 2 2021
Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago