SOLOPOS.COM - Pelatih fisik Persis Solo, Roni Azani (tengah), memimpin latihan skuat di sebuah lapangan di Solo beberapa hari lalu. Kondisi fisik Laskar Sambernyawa terus menanjak jelang sepak mula Liga 2 2021. (Istimewa/Persis Solo)

Solopos.com, SOLO—Upaya Persis Solo tetap berlatih intens di masa pandemi Covid-19 mulai membuahkan hasil. Chemistry dan kerja sama tim dinilai makin matang menjelang Liga 2 2021.

Selain itu, level stamina pemain mengalami kenaikan signifikan dibanding saat periode latihan awal April lalu. Hal ini terlihat dari sejumlah uji coba tim beberapa waktu terakhir.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Penundaan kompetisi memang menjadi berkah terselubung bagi Persis Solo yang skuatnya hampir 100% baru. Bos Persis Solo, Kevin Nugroho, mengatakan tak mudah menyatukan tim dengan mayoritas pemain anyar.  Dari 43 penggawa yang dikontrak, hanya M. Shulton dan Irfan Afghoni yang berstatus pemain lawas.

Baca Juga: Update Covid-19 Indonesia: Hari Ini Kasus Positif Bertambah 10.534

“Coba kalau dulu jadi mulai bulan Juli, tentu tim enggak sematang sekarang karena pemain kami baru semua,” ujar Kevin saat ditemui Solopos.com di Gelanggang Pemuda Bung Karno, belum lama ini.

Kevin menyebut mental pemain terus meningkat dari waktu ke waktu seiring kebersamaan tim yang terbentuk. Pihaknya berharap kompetisi segera dimulai bulan September 2021 agar moral pemain dapat terjaga.

“Saya lihat para pemain tambah semangat ya. Semoga liganya enggak diundur lagi,” ujar pengusaha jas hujan ini.

Baca Juga: KPK Tetapkan Bupati Probolinggo dan Suami Jadi Tersangka Jual Beli Jabatan Kades

 

Peningkatan Fisik

Pelatih fisik Persis, Roni Azani, membeberkan ada peningkatan dari segi fisik setelah pemain menjalani latihan dari awal bergabung hingga sekarang. Menurut Roni, aspek fisik seperti daya tahan, kecepatan, kekuatan, dan kelenturan rata-rata berkemang dengan baik.

“Peningkatannya signifikan. Sekarang fasenya sudah pemeliharaan karena kompetisi sudah mau bergulir,” ujar Roni, Selasa (31/8/2021).

Roni mengatakan sejumlah pemain dengan peningkatan kondisi fisik terbaik adalah Rian Miziar, Beto Goncalves, dan Irfan Afghoni. Masuknya Beto sebagai pemain dengan kondisi fisik mumpuni tentu mengejutkan mengingat dia sudah berkepala empat.

Baca Juga: Digelar 3-5 September, Ini Jadwal Lanjutan Pertandingan Liga 1

Kedisiplinan dalam latihan dan aktivitas sehari-hari menjadi kiat Beto menjaga kondisi tubuh. “Secara umum semua mengalami peningkatan. Kalau harus sebut yang paling bagus, ada Rian Miziar, Beto, dan Irfan Afghoni,” ujar mantan pelatih fisik Bali United itu.

Lebih jauh, hasil uji coba melawan sejumlah tim Liga 1 seperti Bhayangkara FC, Bali United, dan Arema FC menunjukkan Persis mampu mengimbangi fisik serta permainan lawan. “Dengan lawan dari Liga 1, kelihatan kalau performa kita selalu terjaga dan stabil,” ujar Roni Azani.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya