SOLOPOS.COM - Menpora Zainudin Amali. (Kemenpora)

Solopos.com, JAKARTA – Liga 1 diundur lagi. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, menyebut kompetisi Liga 1 akan bergulir pada 27 Agustus. PSSI kini sedang mencari lokasi untuk Liga 1 dengan level kasus Covid-19 rendah.

Hal itu disampaikan Zainudin Amali, sekaligus menyebut bahwa kesepakatan ini sudah melalui rapat koordinasi bersama PSSI, PT LIB, Kepolisian, BNPB, dan Kemenpora pada Jumat pekan lalu.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

“Memang waktu itu, sudah menjadi kesepakatan bahwa kompetisi sepakbola akan segera digulirkan dengan pemaparan dari PT LIB dan PSSI. Banyak masukan dari peserta rapat tapi disimpulkan bahwa semua setuju dan tak ada yang keberatan dengan liga berjalan. Tinggal waktu itu penentuan tanggal,” kata Amali dalam jumpa pers, Senin (9/8/2021) melalui virtual.

Baca Juga: 25 Kabupaten/Kota di Jawa Turun ke PPKM Level 3, Berikut Ini Daftarnya

“Setelah itu, saya berkomunikasi dengan pihak Polri tentang apa yang sudah kita rapatkan itu dan Polri tak keberatan, tinggal tentukan tanggal kapan ditetapkan Liga 1 dan 2. Akhirnya dengan diskusi itu, dengan BNPB juga disepakati liga ini dimulai setelah melihat penurunan yang signifikan dan kemudian pemberlakukan PPKM skala mikro, atau sekarang level dengan angka tertentu.”

“Akhirnya diperkirakan disepakati bahwa itu (Liga) akan dimulai 27 Agustus dan juga sudah dikomunikasikan kepada pihak PSSI, dan PSSI tidak keberatan dengan apa yang kita putuskan itu, sehingga secara teknis mereka segera mempersiapkan,” ujarnya.

Sementara untuk tempat pembukaan kompetisi, Menpora Zainudin Amali menyebut akan ditentukan setelah melihat daerah yang dianggap level kasusnya Covid-19 rendah.

Baca Juga: Momentum Tahun Baru Islam, Jokowi Ajak Hijrah ke Kebiasaan Baru

 

Tiru Piala Menpora

“Nanti akan diumumkan tempatnya. Yang penting untuk kepastian kepada masyarakat dan klub, pemain sudah ada tanggal. Makanya saya umumkan resmi atas persetujuan pihak terkait,” ujarnya.

Sedangkan soal teknis, Amali memastikan konsepnya Liga 1 akan berjalan lebih ketat dan disiplin dari turnamen sebelumnya, Piala Menpora 2021.

“Ini kan ada pengalaman kesuksesan prokes Menpora Cup, itu akan diterapkan dengan sistem bubble dan diperketat lagi. Masing-masing siap menerima sanksi jika ada yang melanggar,” dia menegaskan.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 bakal Lama, Pemerintah Siapkan Pilot Project Prokes

Kepastian ini sekaligus menjawab kabar sebelumnya PSSI dan PT LIB yang menyatakan Liga 1 2021-2022 akan digelar pada 20 Agustus 2021.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya