SOLOPOS.COM - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. (Bisnis-PSSI)

Solopos.com, JAKARTA – Polri telah mengeluarkan izin keramaian untuk Liga 1 2021-2022 dan Liga 2. Polri berharap seluruh pihak berkomitmen menjaga protokol kesehatan (prokes) yang ketat selama Liga 1 yang mulai bergulir 27 Agustus mendatang.

Polri pun akan mengawasi langsung pelaksanaan kompetisi. Sebagai bahan evaluasi, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator diminta pemerintah menjalankan tiga pertandingan terlebih dahulu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jika hasilnya sesuai harapan yakni tidak menimbulkan klaster Covid-19 dengan cara menerapkan prokes ketat, Liga 1 2021/2022 boleh dilanjutkan.

Baca Juga: Polri Izinkan Liga 1 dan Liga 2, Pasoepati Yakin Suporter Sudah Dewasa

Sebaliknya, kompetisi bisa dihentikan sewaktu-waktu apabila dalam pelaksanaannya PSSI dan PT LIB tidak menunaikan komitmen dan aturan yang telah disepakati.

“Pihak Polri juga akan memantau pelaksanaan kompetisi ini, dan bila terdapat pelanggaran terhadap komitmen yang sudah disampaikan oleh penyelenggara, pihak Polri bisa menghentikan sewaktu waktu,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, Selasa (24/8/2021).

“Untuk itu dibutuhkan komitmen semua pihak, baik itu PSSI, PT LIB, pemilik klub, pemain, suporter dan semua yang terlibat untuk mematuhi aturan yang ada.”

Baca Juga: Gus Nur Bebas setelah 10 Bulan Jalani Hukuman di Rutan Bareskrim Polri

 

3 Pertandingan

Mendapat peringatan dini dari pemerintah tak membuat PSSI gentar. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, percaya diri Liga 1 2021-2022 berjalan lancar hingga tuntas.

“Ini [pertandingan] tidak boleh ada permasalahan. Kalau memang tidak ada permasalahan, dari kami, insya Allah tidak ada masalah,” kata Mochamad Iriawan dalam konferensi pers virtual, Selasa (24/8/2021).

“Ini sama kaya Piala Menpora, tapi ini lebih panjang. Dan kita lebih berpengalaman. Kita sudah tahu akan ada evaluasi ada Satgas PPKM terkait dengan kompetisi ini. Tapi jika melihat dari Piala Menpora, insya Allah semua bisa berjalan lancar sama seperti kemarin,” jelasnya.

Baca Juga : Update Covid-19 Hari Ini: Total Kasus Positif di Indonesia Tembus 4 Juta

Dalam rilisnya, PT LIB telah memaparkan tiga laga awal Liga 1 2021-2022 yang akan digelar dalam seri pertama ini. Bali United vs Persik Kediri akan jadi laga pembuka di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jumat (27/8/2021).

Lalu, Persipura Jayapura kontra Persita Tangerang di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (28/8/2021). Kemudian Bhayangkara FC melawan Persiraja Banda Aceh di Indomilk Arena, Tangerang, Minggu (29/8/2021).

Mantan Kapolda Metro Jaya itu pun meminta semua yang terlibat di dalam kompetisi untuk mematuhi aturan. Jika ada yang melanggar, kata Iriawan, apalagi sampai membuat kenaikan angka kasus positif Covid-19, bukan tak mungkin kompetisi akan dihentikan.

Baca Juga: Kalah 2 Kali Beruntun, Arsenal Pertimbangkan Antonio Conte Gantikan Mikel Arteta

Tentunya, itu bakal merugikan bagi sepak bola Indonesia. “Kalau sesuatu terjadi, kita akan rugi dan semuanya akan kena imbas,” pungkas lelaki yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya