SOLOPOS.COM - Stadion Maguwoharjo Sleman (pssleman.id)

Solopos.com, SOLO – Persis Solo terancam tidak bisa menggunakan Stadion Manahan Solo pada laga perdana Liga 1 2022/2023. Persis Solo dijadwalkan menghadapi Dewa United pada 25 Juli 2022 mendatang.

Stadion Manahan yang berkapasitas sekitar 20.000 penonton itu harus steril karena digunakan untuk venue ASEAN Para Games 2022 (APG) 30 Juli 2022 hingga 6 Agustus 2022 mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seluruh venue harus steril sepekan sebelum pelaksanaan multievent olahraga penyandang disabilitas terbesar se Asia Tenggara tersebut. Padahal dalam draft jadwal yang tersebar, Persis Solo bakal menjamu Dewa United di Stadion Manahan, 25 Juli 2022.

“Nanti pertandingan Liga 1 di Stadion Manahan Solo ditunda sebentar saja. APG kan cuma dua pekan saja,” kata Ketua Indonesia ASEAN paragames Organizing Comittee (INASPOC), Gibran Rakabuming Raka saat ditemui wartawan, Rabu (6/7/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Gibran menjelaskan Stadion Manahan juga akan dipakai untuk acara pembukaan, penutupan, dan untuk pertandingan ASEAN Para Games 2022 untuk cabang atletik. Dengan demikian, satu pekan sebelum penyelenggara ASEAN Para Games 2022 akan dilakukan sterilisasi Stadion Manahan. “Kita pakai untuk atletik dulu,” kata Gibran.

Baca Juga: Persis Solo Terancam Pindah Kandang Meski Sementara

Jika tak ada perubahan jadwal pertandingan perdana, Persis Solo harus mencari stadion alternatif selain Stadion Manahan saat  menjamu Dewa United.

Berikut ini tiga stadion yang bisa menjadi alternatif pilihan Persis Solo dalam menjalani  laga perdana Liga 1 2022/2023:

1. Stadion Maguwoharjo Sleman

Stadion Maguwoharjo jadi venue paling ideal saat Persis Solo menjamu Dewa United.

Jarak tempuh dari Kota Solo juga tidak terlalu jauh atau sekitar 1,5 jam perjalanan. Tentu saja kondisi itu membuat suporter Laskar Sambernyawa tetap bisa berangkat dengan jumlah yang cukup besar.

Apalagi hubungan suporter Persis Solo dengan PSS Sleman sebegai tuan rumah Stadion Maguwoharjo selama ini cukup baik. PSS Sleman lebih dulu bertanding yakni 23 Juli 2022 melawan PSM Makassar. Sehingga secara jadwal tidak mengalami benturan.

2. Stadion Moch Soebroto Magelang

Alternatif lokasi kedua bagi Persis Solo menjamu Dewa United adalah Stadion Moch Soebroto di Kota Magelang.

Stadion Moch Soebroto dalam beberapa musim terakhir memang menjadi venue gelaran Liga 1 mengingat jadi home base PSIS Semarang.

Jarak yang tak terlalu jauh juga membuat suporter Laskar Sambernyawa tetap bisa berangkat dengan jumlah yang cukup besar.

Baca Juga: Klasemen Terbaru Grup A Piala AFF U-19 2022, Peringkat Pertama Tergusur

3. Stadion Jatidiri Semarang

Alternatif lokasi ketiga bagi Persis Solo menjamu Dewa United adalah Stadion Jatidiri Semarang.

Meski secara jarak cukup jauh, namun laga perdana Liga 1 diprediksi membuat suporter Laskar Sambernyawa tetap bisa berangkat dengan jumlah yang cukup besar.

Apalagi hubungan suporter Persis Solo dengan PSIS Semarang selama ini juga cukup baik.

Kebetulan juga, PSIS Semarang lebih dulu bertanding melawan Rans Nusantara FC yakni 23 Juli 2022 melawan PSM Makassar. Sehingga secara jadwal tidak mengalami benturan.

Sementara itu, banyak juga suporter yang mengaitkan Stadion Kebo Giro, Boyolali, bakal digunakan Persis Solo pada laga perdana Liga 1 2022/2023 apabila tak belum bisa bertanding di Stadion Manahan. Namun stadion itu dinilai belum layak untuk menggelar laga Liga 1.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya