[x] close
Liga 1 2021 Tanpa Degradasi, PSSI Pastikan Keputusan di Kongres Akhir Mei
Solopos.com|sport

Liga 1 2021 Tanpa Degradasi, PSSI Pastikan Keputusan di Kongres Akhir Mei

Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengatakan keputusan akhir bukan di tangan Exco, melainkan di Kongres PSSI pada 29 Mei mendatang.

Solopos.com, JAKARTA – PSSI menyatakan penghapusan degradasi dalam Liga 1 2021 masih menjadi wacana. Kepastian soal itu akan didapatkan setelah PSSI menggelar Kongres Tahunan akhir Mei ini.

Sebelumnya, Komite Eksekutif (Exco) PSSI memutuskan kompetisi Liga 1 mendatang tanpa degradasi. Mereka mengambil keputusan itu dalam rapat Exco pada 3 Mei lalu.

Namun keputusan akhir bukan di tangan Exco. Usulan tanpa degradasi nantinya akan disahkan atau ditolak di Kongres PSSI pada 29 Mei mendatang.

Man City 1-2 Chelsea: Gagal Eksekusi Penalti, Aguero Minta Maaf

"Exco PSSI mengakomodasi surat permohonan dari sebagian besar klub liga 1 dan liga 2 tentang permohonan kompetisi tanpa degradasi, namun tetap ada promosi, juara Liga 1 dan juara Liga 2 tetap ada," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi, dalam rilis federasi, seperti dilansir detikcom, Minggu (9/5/2021).

"Exco PSSI sebatas memutuskan dalam rapat Exco tanggal 3 Mei 2021 untuk memasukkan agenda ini ke dalam kongres. Nantinya kongres sebagai pengambil keputusan tertinggi dalam organisasi yang akan memutuskan karena terkait dengan jumlah peserta Liga 1 dan Liga 2 di tahun 2022 nanti," ujarnya menjelaskan.

Ada beberapa alasan yang mendasari Exco PSSI mau kompetisi tanpa degradasi. Pertama, kompetisi masih dalam suasana pandemi Covid-19. Apalagi PSSI, PT Liga Indonesia Baru dan klub juga masih belajar soal protokol kesehatan.

Suporter Manchester United Demo, Calon Sponsor Batalkan Rp3,9 Triliun

 

Persaingan Tak Sehat

Kedua, bagaimana jika sebuah klub ada yang terpapar pemain dan ofisial dalam jumlah banyak. Ketiga, semua klub pasti sedang kesulitan di tengah pandemi ini. Apalagi sponsor juga akan sulit masuk.

Demikian juga dengan faktor ekonomi masyarakat yang masih sulit. Keempat, kompetisi Liga 1 dan Liga 2 amat mungkin akan terbatas penontonnya sehingga akan membuat klub kesulitan untuk mencari pemasukan.

"Dari semua alasan tadi, Exco PSSI akan membawa persoalan ini Kongres Tahunan untuk dimintakan persetujuan," tutur Yunus Nusi yang juga anggota Exco PSSI itu.

Man City 1-2 Chelsea: Pesta Gelar Juara Man City Tertunda

"Kalau kongres setuju ya jalan. Kalau tidak ya akan berjalan seperti biasa. Ada promosi dan degradasi. Itu akan menyulitkan klub itu untuk bersaing dengan klub-klub lain. Itu tentu menjadi persaingan yang tidak sehat," ucapnya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago