SOLOPOS.COM - Komite Eksekutif (Exco) PSSI siap di-bully terkait tidak ada degradasi di Liga 1. (pssi.org)

Solopos.com, JAKARTA – PSSI menyatakan penghapusan degradasi dalam Liga 1 2021 masih menjadi wacana. Kepastian soal itu akan didapatkan setelah PSSI menggelar Kongres Tahunan akhir Mei ini.

Sebelumnya, Komite Eksekutif (Exco) PSSI memutuskan kompetisi Liga 1 mendatang tanpa degradasi. Mereka mengambil keputusan itu dalam rapat Exco pada 3 Mei lalu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Namun keputusan akhir bukan di tangan Exco. Usulan tanpa degradasi nantinya akan disahkan atau ditolak di Kongres PSSI pada 29 Mei mendatang.

Man City 1-2 Chelsea: Gagal Eksekusi Penalti, Aguero Minta Maaf

"Exco PSSI mengakomodasi surat permohonan dari sebagian besar klub liga 1 dan liga 2 tentang permohonan kompetisi tanpa degradasi, namun tetap ada promosi, juara Liga 1 dan juara Liga 2 tetap ada," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi, dalam rilis federasi, seperti dilansir detikcom, Minggu (9/5/2021).

"Exco PSSI sebatas memutuskan dalam rapat Exco tanggal 3 Mei 2021 untuk memasukkan agenda ini ke dalam kongres. Nantinya kongres sebagai pengambil keputusan tertinggi dalam organisasi yang akan memutuskan karena terkait dengan jumlah peserta Liga 1 dan Liga 2 di tahun 2022 nanti," ujarnya menjelaskan.

Ada beberapa alasan yang mendasari Exco PSSI mau kompetisi tanpa degradasi. Pertama, kompetisi masih dalam suasana pandemi Covid-19. Apalagi PSSI, PT Liga Indonesia Baru dan klub juga masih belajar soal protokol kesehatan.

Suporter Manchester United Demo, Calon Sponsor Batalkan Rp3,9 Triliun

 

Persaingan Tak Sehat

Kedua, bagaimana jika sebuah klub ada yang terpapar pemain dan ofisial dalam jumlah banyak. Ketiga, semua klub pasti sedang kesulitan di tengah pandemi ini. Apalagi sponsor juga akan sulit masuk.

Demikian juga dengan faktor ekonomi masyarakat yang masih sulit. Keempat, kompetisi Liga 1 dan Liga 2 amat mungkin akan terbatas penontonnya sehingga akan membuat klub kesulitan untuk mencari pemasukan.

"Dari semua alasan tadi, Exco PSSI akan membawa persoalan ini Kongres Tahunan untuk dimintakan persetujuan," tutur Yunus Nusi yang juga anggota Exco PSSI itu.

Man City 1-2 Chelsea: Pesta Gelar Juara Man City Tertunda

"Kalau kongres setuju ya jalan. Kalau tidak ya akan berjalan seperti biasa. Ada promosi dan degradasi. Itu akan menyulitkan klub itu untuk bersaing dengan klub-klub lain. Itu tentu menjadi persaingan yang tidak sehat," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya