SOLOPOS.COM - Poster Life of Pi (stuff.co.nz)

Poster Life of Pi (stuff.co.nz)

Bagi pecinta film Hollywood pasti udah enggak sabar ngeliat perhelatan akbar Academy Awards ke-85. Perebutan Piala Oscar yang diberikan Academy of Motion Picture Arts and Sciences (Ampas)  itu digelar di Dolby Theatre, Hollywood, Ameriksa Serikat (AS), Minggu (24/2/2013) waktu setempat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebanyak 24 kategori penghargaan bergengsi diberikan kepada insan film yang berprestasi, mulai dari aktor dan aktris terbaik, film terbaik, soundtrack terbaik dan seterusnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Aktris cantik, Jennifer Lawrence, 22, menjadi penerima Piala Oscar untuk kategori Artis Terbaik lewat film Silver Linings Playbook. Piala Oscar kategori yang sama pernah diraihnya melalui Winter’s Bone pada 2010.

Dengan memakai gaun panjang bersiluet mermaid, Jennifer sempat jatuh saat menaiki tangga panggung perhargaan itu. “Kalian berdiri hanya karena merasa kasihan karena saya jatuh ya?” ujarnya saat menerima piala dari Prancis Jean Dujardin, aktor terbaik tahun lalu, seperti dilansir JIBI, Senin (25/2/2013).

Jennifer mampu nyisihin pesaing beratnya, Jessica Chastain di film Zero Dark Thirty, Emmanuelle Riva (Amour), Quvenzhane Wallis (Beasts of the Southern Wild) dan Naomi Watts (The Impossible). Sementara, aktor Daniel Day-Lewis, 55, berhasil memecahkan rekor sebagai pemegang kategori Aktor Terbaik Piala Oscar sampai kali ketiga.

Predikat Aktor Terbaik dalam ajang Academy Awards 2013 diraih Day-Lewis melalui perannya sebagai Presiden AS Abraham Lincoln dalam film Lincoln (2012) yang disutradarai Stephen Spielberg.

Piala Oscar sebelumnya didepetin Day-Lewis melalui film My Left Foot (1989) dan There Will Be Blood (2007). Dia juga menjadi nominasi kategori yang sama untuk film Nine dan Gangs Of New York. Melalui film Lincoln, aktor kelahiran Inggirs ini juga menyabet penghargaan bergengsi lainnya, di antaranya Golden Globe, BAFTA, dan Screen Actors Guild Awards, seperti dilansir JIBI.

Sayangnya, Lincoln tak bisa mengalahkan Argo untuk merebut Piala Oscar kategori Film Terbaik. Selain mengantarkan Day-Lewis menjadi Aktor Terbaik, Lincoln pun berhasil meraih kategori Production Design dalam ajang Academy Awards kali ini. Film yang disutradarai Ben Affleck ini juga menyisihkan tiga nominator lainnya, yakni Les Miserables, Life Of Pi dan Django Unchained.

Sesuatu yang enggak biasa dalam sejarah Piala Oscar terjadi. Ben Affleck ternyata tidak masuk nominasi dalam kategori Sutradara Terbaik dalam ajang pernghargaan ini. Hal seperti ini pernah terjadi pada 1990. Selain menjadi Film Terbaik, Argo juga dinobatkan menjadi Best Film Editing dan Best Adapted Screenplay.

Gelar Sutradara Terbaik justru diraih Ang Lee asal Taiwan melalui film Life Of Pi. Kategori yang sama pernah diterima Ang Lee berkat film Brokeback Mountain pada 2005. Life Of Pi, sebuah film yang diadaptasi dari novel fantasi petualangan karya Yann Martel.

Film itu berkisah tentang seorang bocah India yang terdampar di tengah lautan bersama dengan seekor harimau Bengal. Untuk mendapatkan Oscar, Ang Lee harus bersaing dengan Stephen Spielberg (Lincoln), Michael Haneke (Amour), David O Russell (Silver Linings Playbook) dan Benh Zeitlin (Beasts of the Southern Wild).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya