SOLOPOS.COM - Dua orang petugas memeriksa suhu tubuh dan menyemprotkan hand sanitizer kepada setiap pengunjung yang memasuki areal Museum Sangiran di Desa Krikilan, Kalijambe, Sragen, Sabtu (25/12/2021). (Istimewa/Dispora Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Dua objek wisata milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen mengalami peningkatan pengunjung 50%-100% pada liburan Natal, Sabtu (25/12/2021). Pengunjung di objek wisata Bayanan, Sambirejo, Sragen, mencapai 150 orang pada akhir pekan ini. Sementara pengunjung di Museum Sangiran, Kalijambe, Sragen, membeludak sampai 600 orang.

Kasi Objek Daya Tarik Wisata dan Sarana Prasana Pariwisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Sragen, Prima Adi Surya, menyampaikan pengunjung di objek wisata Bayanan menunjukan peningkatan. Sejak diuji coba pada dua pekan lalu, kata Prima, pengunjung di Bayanan terus meningkat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pada akhir pekan lalu pengunjung mencapai 100 orang per hari. Pada akhir pekan ini yang bersamaan dengan momentum Natal naik 50%, yakni menjadi 150 orang. Ini pengunjung per Sabtu. Mungkin Minggu besok bisa naik karena setiap Minggu ada komunitas senam yang rutin ke Bayanan. Saya kira untuk Bayanan pengaruhnya lebih pada tampilan Bayanan yang baru setelah direvitalisasi,” ujar Prima saat dihubungi Solopos.com, Sabtu sore.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Waspada Musim Ular, Warga Diimbau Pelihara Hewan Ini Sebagai Alarm

Prima menerangkan Bayanan yang baru menawarkan taman yang indah dan sarana prasarana wisata yang sudah baik. Jalan menunju ke Bukit Gong di Bayanan juga sudah baik. Selain itu, ada panggung kesenian juga dan tempat parkir yang luas.

“Kalau malam tempat parkir dan panggung kesenian itu seperti alun-alunnya Desa Jambeyan karena lampunya terang. Protokol kesehatan ketat dilakukan dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Harga tiket masih sama Rp5.000 pada hari biasa dan Rp6.000 untuk akhir pekan,” katanya.

Prima melanjutkan untuk objek wisata Museum Sangiran lebih ramai lagi. Dia mengatakan peningkatannya signifikan pada momentum Natal. Biasanya pengunjungnya hanya 300 orang per hari, tetapi pada Sabtu ini naik menjadi 600 orang. Dia menerangkan para pengunjungnya masih warga lokal, yakni di seputaran Sragen dan luar daerah. Untuk wisatawan mancanegara, ujar dia, belum ada.

Baca Juga: Ketika Presiden Dibawa-Bawa dalam Masalah Seleksi Perdes di Sragen

“Di Sangiran itu tiket juga masih sama Rp8.000 per orang. Objeknya juga masih sama. Rata-rata pengunjung keluarga. Paling banyak masih pengunjung seputaran Sragen dan sekitarnya,” ujarnya.

Untuk objek wisata Gunung Kemukus belum ada laporan masuk kepada Prima untuk jumlah pengunjung pada momentum Natal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya