SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, BANTUL-Kepala Dinas Perhubungan Bantul Susanto menyatakan, lonjakan wisatawan menuju wilayah selatan saat libur Natal dan tahun baru akan menyebabkan kemacetan di sejumlah titik.

Sedikitnya ada empat jalur langganan macet yang harus dihindari wisatawan, yakni Jalan Wates, Jalan Wonosari, Jalan Parangtritis, Jalan Bantul dan Jalan Imogiri Timur.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kalau nanti ada penumpukkan kendaraan kami akan berlakukan jalur satu arah. Jadi tergantung situasi,” ujarnya, Senin (23/12/2013).

Sedangkan bila terjadi kecelakaan lalu lintas atau munculnya penyakit saat libur dua momen hari raya tersebut, 16 puskesmas yang melayani rawat inap akan buka 24 jam.

“Pasien dapat dibawa ke puskesmas, karena petugas akan kami siagakan,” tambah Kepala Dinas Kesehatan Bantul Maya Sintowati.

Sementara itu, kepolisian Bantul mengantisipasi maraknya miras oplosan saat malam pergantian tahun. Sebab selama ini miras oplosan telah merenggut nyawa banyak warga.

Kepala Polres Bantul AKBP Surawan menyatakan, polisi tak hanya akan merazia miras tradisional yang banyak beredar. Namun juga merazia miras yang telah berizin dari Kementerian Kesehatan.

“Mulai sekarang miras resmi berizin Depkes juga akan kami razia, selama penjualnya tidak punya izin penjualan miras,” tegas Surawan.

Selain itu, razia dan tindak pidana ringan (tipiring) juga akan dikenakan pada miras dengan kadar alkohol di bawah 5%. Selama ini kata dia, miras beralkohol di bawah 5% luput dari tipiring.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya