SOLOPOS.COM - Anggota Satlantas Polres Klaten bertugas mengatur arus lalu lintas di pertigaan Prambanan, Sabtu (26/12/2015). Lokasi tersebut menjadi salah satu lokasi yang sering terjadi penumpukan kendaraan, baik dari arah Solo-Jogja atau Jogja-Solo. (Ponco Suseno/JIBI/Solopos)

Libur panjang Maulud Nabi disusul Natal dan akhir pekan, membuat kemacetan di beberapa ruas jalan.

Solopos.com, KLATEN –Penumpukan kendaraan mulai terjadi di pertigaan Prambanan dalam tiga hari terakhir. Diprediksi, volume kendaraan di kawasan tersebut akan mencapai puncaknya, Minggu (27/12/2015).

Berdasarkan pantauan Solopos.com di lapangan, kepadatan arus lalu lintas di kawasan pos pengamanan (pospam) 3 Prambanan disebabkan banyaknya warga yang ingin mengisi waktu liburan dengan berkunjung ke Candi Prambanan. Penumpukan kendaraan terjadi, baik dari arah Jogja-Solo atau Solo-Jogja.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Guna menjaga arus lalu lintas agar tetap lancar, puluhan personel aparat keamanan disiagakan di lokasi tersebut. Selain aparat kepolisian, terdapat juga aparat TNI, sentra komunikasi (senkom) mitra Polri, anggota Pramuka, dan anggota Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) Klaten.

Informasi yang dihimpun di Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten menyebutkan volume kendaraan dari arah Jogja-Solo yang melintas di Prambanan mengalami peningkatan signifikan dibandingkan hari biasa.

Jumlah kendaraan roda empat yang melintas, Jumat (25/12) pukul 13.00 WIB-14.00 WIB mencapai 1.132 unit. Di saat bersamaan, volume kendaraan roda dua yang melintas mencapai 1.683 unit.

Sehari setelah Natal 2015, yakni Sabtu (26/12) pukul 12.00 WIB-13.00 WIB, jumlah kendaraan roda empat dari Jogja-Solo yang melintas di Prambanan mencapai 1.190 unit. Sedangkan, kendaraan roda dua mencapai 1.302 unit.

“Mulai H-1 Natal 2015 kendaraan sudah ramai [peningkatan mencapai 50 persen dibandingkan hari biasa]. Naiknya volume kendaraan di sini [pertigaan Prambanan] karena banyak warga yang ingin berlibur ke Candi Prambanan. Makanya arus lalu lintas di sini sangat padat. Kami memperkirakan besok pagi [hari ini] akan semakin ramai lagi. Soalnya hari Minggu, kami harus lebih siaga lagi,” kata Kapospam 3 Prambanan, AKP Ngadino, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Langgeng Purnomo, saat ditemui wartawan di Prambanan, Sabtu (26/12).

Terpisah, Kabagsumda Polres Klaten, Kompol Heru Setyaningsih, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Langgeng Purnomo, mengatakan arus lalu lintas di seluruh objek wisata di Kota Bersinar dipastikan sangat padat selama Natal 2015 dan Tahun Baru 2016.

“Berdasarkan pantauan kami di lapangan, tak hanya di Prambanan. Arus lalu lintas juga cukup padat di Jimbung, Tulung, Wonosari. Hal itu termasuk di Delanggu. Pengamanan arus lalu lintas ini tetap akan dilakukan hingga memasuki pergantian tahun nanti. Hingga sekarang [kemarin], tidak ada laporan terkait kecelakaan lalu lintas,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya