Libur Tahun Baru, Harga Tiket Candi Prambanan Tak Naik

Candi Prambanan menjadi salah satu wisata yang diserbu wisatawan saat liburan.
Libur Tahun Baru, Harga Tiket Candi Prambanan Tak Naik
SOLOPOS.COM - Warga berkunjung ke kompleks Candi Prambanan, Sabtu (14/12). Di akhir tahun nanti, pengelola Candi Prambanan mematok target dapat menarik 280.000 pengunjung. (Solopos/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN - Candi Prambanan yang berlokasi di perbatasan Klaten (Jateng) dan Sleman (Jogja) dinilai selalu menarik perhatian masyarakat umum. Menjelang akhir tahun, pengelola Candi Prambanan sudah bersiap-siap menghadapi potensi ledakan pengunjung.

Selain menawarkan kekokohan Candi Prambanan yang kaya dengan sejarah, pengelola Candi Prambanan juga menambah wahana baru menjelang akhir tahun, yakni Analana Park. Di lokasi ini disediakan berbagai spot selfi dengan latar belakang patung berukuran jumbo yang terbuat dari jerami. Di lokasi yang masih berada di kompleks Candi Prambanan itu, para pengunjung bisa rehat sejenak dengan bersantai atau pun menikmati aneka kuliner.

“Saat ini sudah memasuki pertengahan Desember 2019. Kami sudah menyiapkan berbagai hal guna menghadapi pergantian tahun dari 2019 ke 2020. Hal itu termasuk menyiapkan kantong parkir dengan melibatkan lokasi di sekitar candi. Ini guna menunjang kenyamanan para pegunjung juga,” kata General Manager (GM) PT Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan, Aryono Hendro M., saat ditemui wartawan di kompleks Candi Prambanan, Sabtu (14/12/2019).

Dari sisi pengunjung, Aryono memprediksi akan terjadi lonjakan jumlah pengunjung di akhir tahun. Selama kurun waktu 22 Desember 2019-1 Januari 2020, Aryono memprediksi jumlah pengunjung di Candi Prambanan mencapai 280.000 orang.

Target tersebut meningkat dibandingkan di tahun 2018, yakni mencapai 260.000 pengunjung. “Lonjakan pengunjung yang signifikan itu memang terjadi saat Lebaran dan Natal serta tahun baru,” katanya.

Ditanya tentang harga tiket, Aryono mengatakan harga tiket tidak mengalami kenaikan saat Natal dan tahun baru. Harga tiket masuk ke Candi Prambanan senilai Rp50.000 untuk orang dewasa. Sedangkan, wisawatan mancanegara (wisman) harus membayar US$25 saat ingin masuk ke kompleks Candi Prambanan.

“Kompleks Candi Prambanan ini kan sangat luas. Di sini, pengunjung bisa melihat Candi Prambanan dan beberapa candi di sekitarnya [termasuk Candi Lumbung, Candi Bubrah, dan Candi Sewu]. Di dalam kompleks juga disediakan alat transportasi [agar pengunjung tak capek saat berkeliling kompleks candi]. Harganya senilai Rp20.000 [sekali naik alat transportasi],” katanya.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago