SOLOPOS.COM - Petugas dari Polres Trenggalek melakukan pengamanan libur panjang awal Mei 2016, Kamis (5/5/2016). (polrestrenggalek.com)

Libur panjang dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur, polisi pun meningkatkan pengamanan.

Madiunpos.com, TRENGGALEK — Polres Trenggalek meningkatkan pengamanan selama libur panjang mulai Kamis hingga Minggu (5-8/5/2016). Peningkatan pengamanan ini untuk menjamin keamanan dan kondusivitas di wilayah Trenggalek.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kapolres Trenggalek, AKBP I Made Agus Prasatya, mengatakan pada libur panjang ini ada berbagai kegiatan keagamaan dan peningkatakn volume kendaraan di wilayah Trenggalek.

Hal itu karena sebagian besar masyarakat memanfaatkan masa libur untuk berkunjung ke tempat wisata. Di sisi lain, akhir pekan ini ada pengamanan naskah Ujian Nasional tingkat SMP/MTs.

“Pada libur panjang kali ini banyak kegiatan dari masyarakat, untuk itu hampir separuh petugas dari Polres Trenggalek diterjunkan untuk mengamankan berbagai agenda masyarakat,” kata dia yang dikutip Madiunpos.com dari laman polrestrenggalek.com, Jumat (6/5/2016).

Agus menyampaikan puluhan personel dari tingkat Polres hingga Polsek dikerahkan untuk melaksanakan pengamanan ibadah di beberapa gereja dalam rangka peringatan Kenaikan Isa Almasih, Kamis (5/5/2016).

Pengamanan di beberapa gereja ini dilakukan oleh dilakukan secara terbuka dan tertutup. Selain itu, sebelum kegiatan ibadah dimulai, petugas juga melakukan sterilisasi di dalam gereja untuk memastikan keamanan.

“Seluruh tempat ibadah gereja dilakukan sterilisasi terlebih dahulu, ini sudah menjadi protap untuk mengantisipasi keamanan,” ujar dia.

Selain pengamanan ibadah, ujar Agus, petugas juga mengamankan naskah UN tingkat SMP/MTs yang saat ini tersimpan di gudang Polres Trenggalek. Akhir pekan ini naskah UN juga didistribusikan ke seluruh kecamatan dan akan dikawal ketat oleh petugas.

“Mulai Senin besok kan mulai dilaksanakan UN tingkat SMP/MTs, jadi pengamanan naskah juga menjadi agenda petugas Polres Trenggalek,” kata Agus.

Libur panjang kali ini juga dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur ke tempat wisata. Untuk itu, petugas selama libur panjang menjaga keamanan sejumlah tempat wisata seperti Pantai Pasir Putih Prigi, Goa Lowo, pantai Pelang, dan Pantai Konang.

Dia menambahkan untuk pola pengamanan yang diterapkan Polres Trenggalej yaitu pengamanan jalur dengan penempatan beberapa personel dari Satlantas maupun Polsek jajaran di sejumlah titik rawan kecelakaan dan kemacetan.

Pengamanan di lokasi wisata juga untuk mencegah terjadinya kriminalitas.

“Pada hari pertama libur panjang kali ini pengamanan berjalan dengan lancar dan tidak ada peristiwa yang menonjol,” tambah dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya